Target DANA di 2020: Lipatgandakan Kerja Sama UMKM

Target DANA di 2020: Lipatgandakan Kerja Sama UMKM

Nurcholis Maarif - detikInet
Selasa, 28 Jan 2020 18:27 WIB
Aplikasi dompet digital DANA digunakan untuk pembayaran tiket masuk Pameran Sekaten 2019 dengan memindai Kode QR di loket.
Foto: Aplikasi dompet digital DANA digunakan untuk pembayaran tiket masuk Pameran Sekaten 2019 dengan memindai Kode QR di loket.
Jakarta -

Dompet Digital DANA membidik mitra bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di tahun 2020. Hingga akhir tahun nanti, DANA membidik minimal dua kali lipat dari mitra UMKM yang digaet tahun 2019, yaitu sebesar 87.500 pengguna.

"Kita harapkan di tahun 2020 lebih, terutama kita ingin sekali yang sangat dibanggakan itu untuk UMKM di Indonesia. Kita lihat sendiri UMKM di Indonesia sekitar 60 juta jumlahnya, kita harapkan me-reach eventually mereka semua," ucap CEO dan salah satu pendiri DANA Vincent Iswara di Capital Place, Jakarta, pada Selasa (28/1/2020).

"Kita sih begini selalu ada internal target, minimum akhir tahun itu double. Bagi saya sebenarnya targetnya 60 juta UMKM ini, berapa cepatnya kita mencapainya itu akan kita laporkan setiap quarterly, kecepatan kita seberapa cepat," jelasnya.

Diungkapkan Vincent, 87.500 pengguna DANA dari mitra UMKM itu didapat mulai dari nol sejak dikenalkan pada bulan Juni 2019. Dari pengalaman itu, pihaknya sudah mengetahui kondisi lapangan dan ingin mengakselerasi untuk menggaet mitra UMKM di tahun 2020.

Salah satunya upayanya, kata Vincent, dengan mengedukasi UMKM. Menurutnya, banyak UMKM yang merasa terbantu dengan DANA, terutama dalam proses pencatatan transaksi dan pelaporan yang lebih rapi.

"UMKM sangat terbantu, kenapa? Salah satu yang penting di UMKM di pencatatan, mereka itu banyak tulis tangan semua. Dan dengan aplikasi DANA, apalagi dengan DANA Bisnis, semua pencatatan transaksi, settlement, itu tercatat di aplikasi. Untuk reporting-nya, DANA itu yang paling rapi, jadi merchant sangat happy," ujar Vincent.

Pada acara yang sama ia juga memaparkan pertumbuhan DANA selama tahun 2019. Antara lain pengguna DANA mencapai 35 juta, transaksi harian pengguna lebih dari 3 juta, dan karyawannya yang disebut DANAm8s mencapai 600 orang asli Indonesia.

Lalu fitur-fitur baru DANA selama tahun 2019 mulai dari ranah online yaitu integrasi dengan Lazada dan Apple; di offline yaitu QRIS 100% dan integrasi pembayaran parkir; di P2P transfer seperti Send Money to Link, Split Bills, dan Send Angpao; dan untuk lifestyle berupa Biller reminder.

Target DANA di 2020: Lipatgandakan Kerja Sama UMKM
(prf/fay)