Jumat, 24 Jan 2020 12:35 WIB

Kronologi Ponsel Orang Terkaya Diretas, Foto dan Pesan Bablas

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jeff Bezos dan pacarnya, Lauren Sanchez. Foto: Reuters
Jakarta -

Muncul ke permukaan bahwa ponsel merek iPhone X orang terkaya dunia, Jeff Bezos, dibajak melalui WhatsApp. Seluruh foto dan pesan pribadinya pun dapat terakses penuh.

Dikutip detikINET dari 9to5Mac, meskipun iPhone dengan sistem operasi iOS lebih aman, tetap saja tidak mampu menghadapi serangan canggih seperti yang terjadi kali ini. Pelakunya diduga pihak Arab Saudi.

Menurut New York Times, pada 1 Mei 2018, Bezos menerima pesan WhatsApp dari akun kepunyaan pangeran Arab Saudi, Mohammed bin Salman.

"Keduanya sebelumnya komunikasi dengan platform messaging itu, tapi Bezos tak mengira ada pesan datang hari itu, apalagi dengan video. Video itu, file 4,4 MB, ternyata lebih dari kelihatannya, menurut analisis forensik yang diminta Bezos untuk mengetahui siapa yang membajak iPhone X-nya," sebut media itu.

Tersembunyi di file video adalah kode terpisah, kemungkinan besar merupakan malware yang ditanam untuk mengakses ponsel Bezos seluruhnya, termasuk foto-fotonya dan komunikasi privatnya.

Selang lima bulan setelah Bezos menerima pesan itu, kolumnis Washington Post Jamal Khashoggi yang begitu kritis terhadap pemerintah Arab Saudi dibunuh di Istanbul. Washington Post adalah media milik Bezos.

Dan hanya beberapa bulan kemudian, pesan teks dan gambar yang dikirim Bezos ke selingkuhannya, mantan pembawa acara televisi Lauren Sanchez diterbitkan oleh media National Enquirer.

Pihak Arab Saudi telah membantah tudingan peretasan tersebut. "Laporan terkini media bahwa Kerajaan berada di balik hacking ponsel Mr Jeff Bezos adalah absurd," sebut Kedutaan Besar Arab Saudi untuk Amerika Serikat di Twitter.

"Kami meminta investigasi terhadap klaim tersebut sehingga kami bisa memiliki seluruh faktanya," tambah mereka.

Kronologi Ponsel Orang Terkaya Diretas, Foto dan Pesan Bablas


Simak Video "Rentan Bahaya, Ini 5 Langkah Lindungi Chat WhatsApp"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)