Kemensos Dorong Penerima Bantuan Sembako Lewat Aplikasi

Kemensos Dorong Penerima Bantuan Sembako Lewat Aplikasi

Pradito Rida Pertana - detikInet
Kamis, 23 Jan 2020 19:30 WIB
Ilustrasi aplikasi smartphone. Foto: Unspslah
Bantul -

Menteri Sosial RI, Juliari P. Batubara mendorong Kemensos RI untuk menghasilkan produk-produk penelitian pengembangan yang aplikatif, seperti halnya memudahkan penerima bantuan sembako dengan memanfaatkan aplikasi.

"Masyarakat yang memerlukan pelayanan kesejahteraan sosial itu kan berubah, apalagi 5 tahun ke depan jelas berubah dan itu yang harus disesuaikan," ucapnya saat ditemui di Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pelayanan Kesejahteraan Sosial (B2K3KS) Kementerian Sosial RI, Jalan Kesejahteraan Sosial, Dusun Sanggrahan, Desa Ngestiharjo, Kecamatan Kasihan, Bantul, Kamis (23/1/2020).

"Sehingga balai besar seperti di Yogyakarta ini saya harapkan agar benar-benar bisa memproduksi produk-produk penelitian dan pengembangan yang aplikatif," imbuhnya.

Menurut Juliari, hal tersebut semata-mata untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesejahteraan masyarakat, khususnya penerima bantuan sembako. Terlebih, saat ini telah memasuki era teknologi informasi yang semakin pesat.

"Sekarang per September tahun lalu 514 Kabupaten/Kota sudah kita terapkan BPNT atau sekarang kita sebut program sembako, ini hasil dari teknologi. Ke depannya juga kita ingin tidak pakai kartu-kartu lagi, semuanya ada di smartphone kita," katanya.

Menurutnya, BPNT atau bantuan sembako dapat dikembangkan dengan mengaplikasikan teknologi lewat smartphone. Apalagi, saat ini masyarakat lebih sering membawa smartphone kemana-mana dari pada kartu BPNT.

"Jadi cukup di smartphone, seperti cukup pakai barcode gitu. Supaya kalau kartunya ketinggalan tidak bingung, karena orang-orang sekarang kan selalu bawa smartphone kemana-mana," kata Juliari.

Selain BPNT yang dapat diakses melalui smartphone, Juliari ingin agar ada pengembangan layaknya jasa pengantaran pangan langsung ke masyarakat.

"Tolong nanti di sini mulai dipikirkan step berikutnya seperti apa programnya. Ini sudah harus dihybrid dengan teknologi, misal tidak perlu lagi e-warung, bisa seperti go food," kata Juliari.

Kemensos Dorong Penerima Bantuan Sembako Lewat Aplikasi



Simak Video "Lomba Hias Telur, Perayaan Penting Ritual Duan Yang di Kota Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)