Rabu, 22 Jan 2020 20:12 WIB

Selfie di Instagram Fakir Like? Mungkin Kebanyakan Pakai Filter

Aisyah Kamaliah - detikInet
Penyebab foto selfie di Instagram sedikit like bisa jadi karena menggunakan filter. Foto: Shutterstock
Jakarta -

Menggunakan filter pada selfie ternyata berpengaruh pada jumlah like yang diterima di platform Instagram, kata peneliti. Filter pada selfie (misalnya filter telinga anjing, kucing, dll) ternyata memberikan dampak persepsi kurang baik pada sebagian orang.

"Hasil penelitian ini mengindikasikan penggunaan filter pada selfie memiliki jumlah like yang lebih sedikit dibandingkan yang tidak menggunakan filter apapun," kata peneliti, dikutip detikINET dari The Sun.

Sementara itu, peneliti menemukan foto yang mengandung 'social cues' memiliki jumlah like yang lebih banyak. 'Social cues' ini bisa berupa apa saja, dari sesuatu yang membuat Anda menonjolkan kekayaan, hobi, prestasi atau pekerjaan.

Misalnya adalah foto kegiatan yang positif seperti saat pergi ke gym, menggunakan pakaian atletik atau yang menunjukkan identitas profesi seperti seragam pramugari atau pilot.

Para peneliti mengatakan meskipun si tukang selfie menganggap filter foto meningkatkan daya tarik visual diri mereka, sebenarnya dapat memberikan pandangan berbeda bagi yang melihatnya. Pengguna lain dapat menilainya sebagai perilaku yang hanya ingin menghadirkan penggambaran diri yang ideal.

"Hasil kami menunjukkan bahwa pengambil foto selfie dan pengguna media sosial harus berhati-hati ketika posting foto selfie karena tidak dapat bekerja seperti yang mereka inginkan," para peneliti menyimpulkan.

Selfie di Instagram Fakir Like? Mungkin Kebanyakan Pakai Filter



Simak Video "Bikin Best Nine Instagram Sendiri Yuk!"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)