Kamis, 16 Jan 2020 07:07 WIB

3 Alasan Jangan Langsung Cek Ponsel Satu Jam Setelah Bangun

Aisyah Kamaliah - detikInet
Ilustrasi tertidur. Foto: iStock Ilustrasi tertidur. Foto: iStock
Jakarta - Studi dari IDC Research menemukan 80% pengguna smartphone mengecek ponsel mereka 15 menit setelah terbangun, dan ternyata itu bukanlah hal yang bagus. Dipercaya, jeda paling baik untuk mengecek smartphone adalah satu jam setelah terbangun dari tidur.

Dikutip detikINET dari Medium, berikut ini adalah tiga masalah yang bisa terjadi karenanya:

1. Meningkatkan stres dan kecemasan

"Secara langsung mengecek ponsel setelah terbangun bisa memulai hari dengan cara yang lebih mungkin meningkatkan stres dan membuat Anda merasa kewalahan," kata Dr Nikole Benders-Hadi, psikiater di San Francisco, California.

Lebih lanjut, studi di University of Gothenburg mengukur efek penggunaan ponsel pada orang berusia 20-an selama setahun dan menemukan penggunaan ponsel yang tinggi secara langsung berkorelasi dengan peningkatan laporan depresi baik untuk pria dan wanita.

2. Waktu dan perhatian tersita

Dengan mengecek media sosial, Anda bisa menemukan berbagai macam hal dan opini dari banyak orang. Hal ini bisa membuat otak sudah dipenuhi pikiran sejak terbangun.

Sebaiknya, fokus pada diri sendiri saat bangun tidur dibandingkan langsung mengecek email atau media sosial. Anda bisa memulai hari dengan olahraga dan sarapan sehat.

3. Otak terganggu sepanjang hari

Menurut Dr Nikole Benders-Hadi, "informasi yang terlalu banyak melanda sebelum Anda benar-benar terbangun mengganggu kemampuan Anda untuk memprioritaskan tugas."

Dengan kata lain, sepanjang hari, kita akan lebih mudah teralihkan dari tugas alias kurang fokus. Hal ini pun bisa mengacaukan produktivitas sepanjang hari.

Simak Video "Penting! Ini Alasan Kamu Harus Mulai Detoks Smartphone"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fyk)