Selamat Tinggal Windows 7... - Halaman 2

Selamat Tinggal Windows 7...

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 14 Jan 2020 21:06 WIB
Foto: Getty Images

Umur Windows 7 pun terbilang panjang, dan Microsoft sempat memberikan pembaruan besar untuk sistem operasi tersebut, yaitu service pack (SP) 1 pada Februari 2011 dan Windows Server 2008 R2.

Namun umurnya yang panjang ini terbantu dengan kehadiran Windows 8 yang terbilang gagal. Tak banyak pengguna yang tertarik untuk memperbarui OS-nya ke Windows 8 dan memilih untuk tetap menggunakan Windows 7 sembari menunggu kehadiran OS penerus Windows 8.

Bahkan, pada akhir 2013, pertumbuhan pengguna Windows 7 malah lebih cepat ketimbang Windows 8 yang dirilis pada Oktober 2012. Microsoft sampai harus menyetop penjualan Windows 7 pada Oktober 2014, yang artinya semua perangkat PC baru harus menggunakan Windows 8.


Pada Desember 2019 lalu pun market share Windows 7 masih mencapai 27% secara global. Ya, jumlahnya masih cukup signifikan, terutama karena saat itu, Windows 10 sudah hampir 10 tahun ada di pasaran. Meski mungkin kebanyakan Windows 7 itu hanya terinstal di PC perkantoran yang tak lagi diperbarui.

Namun, apakah saat ini Windows 7 masih layak untuk dipertahankan dan bersikukuh untuk tidak pindah ke Windows 10? Rasanya tidak. Risiko keamanan untuk tetap menggunakan OS yang tak lagi mendapat dukungan dari pembuatnya itu terlalu besar. Dan Microsoft selama lima tahun ke belakang sudah terus memperbarui Windows 10 agar nyaman dan aman untuk digunakan.

Jadi, selamat tinggal Windows 7... (asj/asj)