Selamat Tinggal Windows 7...

Selamat Tinggal Windows 7...

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 14 Jan 2020 21:06 WIB
Foto: Getty Images
Jakarta - Microsoft resmi menghentikan dukungannya terhadap Windows 7 pada 14 Januari 2020 ini, yang artinya sistem operasi tersebut tak akan lagi mendapat pembaruan dari pembuatnya.

Windows 7 bisa dibilang adalah salah satu OS Microsoft yang paling bagus. Kehadirannya menggantikan Windows Vista yang mendapat banyak kritikan. Windows 7 dirilis pada 22 Juli 2009 sebagai bagian dari keluarga Windows NT.

'Posisi' Windows 7 ini terbilang beruntung karena diapit oleh dua sistem operasi yang mendapat banyak kritikan jelek. Dua sistem operasi itu adalah Windows Vista yang performanya buruk dan Windows 8, yang lagi-lagi mendapat banyak kritikan jelek.


Salah satu pujian yang dialamatkan untuk Windows 7 adalah tampilan antarmuka yang lebih bagus dari Windows Vista, terlihat jauh lebih modern, dan lebih ramah pengguna, demikian dikutip detikINET dari Tech Radar, Selasa (14/1/2020).

Sebenarnya Windows 7 tak bebas dari masalah, namun Microsoft terus menambal dan memperbaiki sistem operasi buatannya itu. Tetap saja, saat pertama dirilis, mayoritas ulasan terhadap sistem operasi ini terbilang positif.

Sistem operasi yang paling cepat terjual

Selain mendapat ulasan positif, Windows 7 pun mencatatkan rekor penjualan yang terbilang baik, bahkan paling baik dalam sejarah. Enam bulan sejak dirilis, penjualan sistem operasi tersebut sudah mencapai 90 juta kopi.

Pada Agustus 2010, tepatnya 10 bulan setelah dirilis, penjualan Windows 7 sudah menyalip pendahulunya, yaitu Windows Vista. Lalu pada Oktober 2011, dua tahun setelah dirilis, Windows 7 menyalip popularitas Windows XP dalam hal market share OS PC.

Jadi meski penjualannya impresif, Windows 7 tetap membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengalahkan popularitas Windows XP. Namun tetap saja catatan waktu tersebut masih lebih cepat ketimbang waktu yang dibutuhkan Windows 10 untuk menyalip market share Windows 7.