Jumat, 10 Jan 2020 14:42 WIB

Mimpi Bukalapak: Terus Eksis Hingga 100 Tahun Lebih

Aisyah Kamaliah - detikInet
Bukalapak ingin eksis hingga lebih dari 100 tahun. Foto: Aisyah Kamaliah/detikINET Bukalapak ingin eksis hingga lebih dari 100 tahun. Foto: Aisyah Kamaliah/detikINET
Jakarta - Satu dekade berhasil dilalui Bukalapak. CEO Bukalapak Rachmat Kaimuddin pun mengungkap perjalanan panjang ini dimulai dari cerita sederhana dari mimpi besar dua pemuda. Cerita ini kemudian berkembang menjadi mimpi ingin bisa bertahan hingga 100 tahun mendatang.

"Saya ingin mulai dengan cerita tentang dua orang pemuda. Kedua orang ini latar belakangnya mirip. Mereka berasal dari keluarga sederhana. Besar di kampung, bukan dari Jakarta," kata Rachmat memulai kisah dalam acara perayaan 10 tahun karya Bukalapak bersama UMKM Indonesia, Jumat (10/1/2020), Jakarta Selatan.



Ia menceritakan bagaimana ia belajar mengenai teknik elektro di Amerika, namun saat kembali ke Indonesia teknologi masih belum semaju sekarang. Ia pun kemudian bekerja menjadi konsultan manajemen dan di sanalah ia memiliki mimpi untuk menjadi pemimpin di organisasi besar yang bisa mengubah hidup banyak orang.

Sementara pemuda kedua adalah Achmad Zaky yang belajar teknik informatika dan punya misi untuk berkarya bagi bangsa lewat teknologi.

Mimpi BukaLapak:  Terus Eksis Hingga 100 Tahun LebihSuasana konferensi pers Bukalapak. Foto: Aisyah Kamaliah/detikINET



"Dalam 10 tahun terakhir, kami bisa bilang bahwa mimpi kami berdua, dengan bantuan banyak pihak dan berkah dari Allah SWT, telah berwujud. Saya telah mendapat amanah mengelola total belasan ribu karyawan, jutaan customers dan aset ratusan triliun. Mas Zaky, kita tahu telah berhasil membangun suatu organisasi dari nol dan berhasil membantu 5 juta pelaku UMKM, 3 juta mitra, dan melayani 70 juta pengguna aktif," sebut Rachmat.

"Katanya hanya 4% perusahaan yang bisa bertahan lewat dari 10 tahun. Setelah melewati milestones 10 tahun, milestones yang ingin kami capai berikutnya adalah menjadi bagian dari 0.0045% perusahaan yang masih ada 100 tahun lagi," sambungnya.



Ia menyadari probabilitas yang ada memang sangat kecil tapi ia ingin Bukalapak dapat terus berkembang dan terus memberikan manfaat kepada masyarakat selama 100 tahun ke depan. Terakhir, ia menuturkan bahwa kritik dan saran dapat diutarakan siapa saja guna membangun Bukalapak.

Simak Video " Napak Tilas Perjalanan Bukalapak Lewat Surat Perpisahan Achmad Zaky"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)