Netflix Ingin Dilihat Sebagai Pengekspor Film Indonesia ke Luar

Netflix Ingin Dilihat Sebagai Pengekspor Film Indonesia ke Luar

Adi Fida Rahman - detikInet
Kamis, 09 Jan 2020 17:20 WIB
Foto: Netflix
Jakarta - Netflix tidak ingin hanya dicap sebagai pembawa konten luar ke Tanah Air. Tapi mereka pun berkeinginan dikenal sebagai pengekspor film Indonesia ke luar negeri.

"Saya berharap ketika Indonesia melihat Netflix itu sebagai distributor dan exportir konten Indonesia," ujar Kuek Yu-Chuang, Managing Director Netflix Asia Pacific saat berbincang di Jakarta, Kamis (9/1/2020).

Dicontohkan film The Night Comes for Us merupakan konten original besutan sineas Indonesia. Film ini tidak hanya didistribusikan di Indonesia saja, tapi hingga ke mancanegara. Dan film garapan Timo Tjahjanto ini mendapat respon positif dari penonton luar.


"Para pecinta film action suka sekali film ini. Data kami banyak yang menonton dari Amerika Latin," ungkap Kuek.

Tidak hanya konten original yang dibawa ke luar negeri, film-film Indonesia yang ada di platformnya pun diikutkan serta. Agar mudah diterima penikmat streaming global, judulnya diubah ke bahasa Inggris.

"Kami men-dubbing dan menyediakan subtitle ke 28 bahasa," kata Kuek.

Diharapkan dengan membawa film Indonesia ke luar negeri dapat membantu industri kreatif berkembang dan karya-karya anak negeri lebih dikenal dunia.

Ditemui di kesempatan yang sama, Timo Tjahjanto mengakui dengan adanya layanan streaming seperti Netflix membantu karya-karya sineas Indonesia bisa ditonton lebih luas lagi.

"Selama ini hanya lewat festival film Indonesia bisa ditonton oleh orang luar. Sekarang tersedia di layanan streaming," kata Timo.



Simak Video "Fix! Tarif Langganan Netflix Naik Mulai Besok"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fyk)