Senin, 06 Jan 2020 16:11 WIB

5 Didikan Ibu Elon Musk, Terbukti Buat Anaknya Jadi Sukses

Aisyah Kamaliah - detikInet
5 Didikan Ibu Elon Musk, Terbukti Buat Anaknya Jadi Sukses (Foto: Twitter)
Jakarta - Ibu Elon Musk dikenal memiliki didikan yang patut ditiru dan membuat sang anak sukses. Maye Musk pun menyebut lima hal yang menjadi kunci penting.

Dikutip dari Inc, Senin (6/1/2020) wanita berusia 73 tahun asal Kanada ini membagikan tips didikannya:

1. Biasakan anak untuk berusaha belajar sendiri sejak dini

Maye Musk mengharuskan anak-anaknya untuk berusaha belajar sendiri sejak usia dini dengan ilmu pengetahuan. Studi menunjukkan jika anak-anak yang terisi rasa ingin tahunya dengan pengetahuan akan tumbuh menjadi orang dewasa yang lebih sukses ke depannya.

2. Memperlakukannya sebagaimana orang dewasa

Melihat masa kecil Elon Musk, sepertinya dia harus tumbuh dewasa lebih cepat. Maye Musk tampaknya menganggap itu salah satu dari gaya pengasuhannya.

"Orang tua saya memperlakukan kami seperti orang dewasa yang bisa dipercaya, dan pengaruh mereka jelas berdampak dalam cara saya membesarkan anak-anak saya," tulisnya.



3. Biarkan anak mengikuti kesenangannya

"Aku tidak pernah menyuruh mereka belajar suatu hal. Aku tidak mengecek PR mereka; itu adalah tanggung jawab mereka," sambungnya masih soal gaya pengasuhannya.

4. Tidak dibiasakan dimanja kemewahan

Maye Musk tampaknya merupakan orang tua yang setuju untuk tidak memanjakan anak-anak atau membiarkan mereka terbiasa dengan kemewahan sebelum mereka mampu membelinya sendiri.

"Ketika mereka bersekolah di perguruan tinggi, mereka hidup dalam kondisi yang sangat buruk: kasur di lantai, enam teman sekamar atau rumah bobrok. Tapi mereka baik-baik saja dengan itu. Jika anak-anak Anda tidak terbiasa dengan kemewahan, mereka bertahan dengan baik," kata dia.

5. Buat anak merasa bertanggung jawab atas masa depan mereka

Satu hal yang ia tekankan adalah jangan begitu khawatir.

"Begitu banyak orang tua yang mudah stres tentang anak-anak mereka. Saran saya? Biarkan anak-anak Anda bertanggung jawab atas masa depan mereka. Ajari anak-anakmu sopan santun. Tetapi biarkan mereka memutuskan apa yang mereka inginkan," ujarnya.



Simak Video "Elon Musk Rilis Lagu EDM, Gimana Jadinya?"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)