Selasa, 24 Des 2019 11:56 WIB

Kenangan hingga Kritikan Netizen Komentari #IndoXXI Ditutup

Tim - detikInet
Foto: Screenshoot
Jakarta - Pada 1 Januari 2020, situs IndoXXI ditutup. Pengumuman ini tak hanya mengejutkan tetapi juga membuat para penggemarnya merasa kehilangan.

Ungkapan ini disampaikan netizen di linimasa Twitter sehingga membuat hashtag #indoxxi berada di urutan teratas trending topic Twitter Indonesia.



Meski ilegal, banyak yang menyampaikan terima kasih karena IndoXXI dianggap berjasa sebagai hiburan alternatif, terutama bagi mereka yang tinggal di daerah yang tidak punya bioskop.


Ada juga yang menyampaikan kritik kepada pemerintah atas ditutupnya situs ini. Sebagian menilai kebijakan pemerintah tidak berpihak pada kebutuhan masyarakat akan konten berkualitas.

Ditutupnya IndoXXI melalui proses yang tidak mudah. Sebelum disikat Kementerian Komunikasi dan Informatika, IndoXXI sempat kucing-kucingan dan berganti-ganti nama hingga akhirnya memutuskan untuk tutup.

Pengumuman tersebut disampaikan langsung lewat situsnya. Disebutkan terhitung awal tahun, IndoXXI tidak lagi menayangkan film di website mereka demi mendukung industri kreatif.


"Sangat berat tapi harus dilakukan, terima kasih kepada seluruh penonton setia kami, terhitung sejak tanggal 1 Januari 2020 kami akan menghentikan penayangan film di website ini demi mendukung dan memajukan industri kreatif tanah air, semoga ke depannya akan menjadi lebih baik," tulis IndoXXI. (rns/rns)