Kisah Elon Musk Nyaris Tekor Gara-gara SpaceX

Kisah Elon Musk Nyaris Tekor Gara-gara SpaceX

Fino Yurio Kristo - detikInet
Sabtu, 21 Des 2019 23:01 WIB
Foto: istimewa
Jakarta - Berkat popularitas Elon Musk dan juga teknologi roket ulang aliknya, SpaceX kini adalah perusahaan mentereng di bidang antariksa. Berikut sekelumit cerita sejarahnya.

SpaceX dilahirkan pada 2002 atau 17 tahun silam oleh Elon, pria yang kerap dijuluki Iron Man. Kala itu, ia mengutarakan ide Mars Oasis, gagasan menumbuhkan tanaman di planet Mars dan menjadikannya koloni manusia.


Elon berambisi memulai perusahaan di bidang antariksa. Awalnya ia berniat membeli satelit bekas dari Rusia tapi kesulitan menemukannya dengan harga terjangkau.

Tak hilang akal, Musk berkeinginan membuat roket sendiri. Ia mengkalkulasi, biaya pembuatan roket sebetulnya cuma 3% dari harga kala itu.

Singkat cerita, SpaceX ia dirikan dengan misi membuat biaya peluncuran roket lebih terjangkau. Perjuangan berat harus dilalui untuk membesarkan perusahaan baru itu yang didirikan hampir bersamaan dengan perusahaan mobil listrik Tesla.

"Aku kira SpaceX dan Tesla memiliki kemungkinan untuk sukses kurang dari 10%. Pada masa-masa awal di 2002, aku bahkan tak memperbolehkan teman-teman untuk berinvestasi di sini karena aku tidak mau menghilangkan uang mereka," ujarnya.

Elon MuskElon Musk Foto: Getty Images
Dana awal untuk SpaceX dan Tesla didapat Musk saat PayPal, sistem pembayaran online yang diciptakannya, dibeli Ebay USD 180 juta pada 2002. Uang tersebut dibaginya secara rata, USD 90 juta untuk masing-masing SpaceX dan Tesla.

Musk pernah menceritakan bagaimana SpaceX dan Tesla pada 2008 nyaris gagal total.

"2008 merupakan tahun yang benar-benar sulit. Roket Falcon 1 gagal meluncur untuk ketiga kalinya. Tesla pun hampir bangkrut hanya dua hari sebelum Natal," ujarnya.