Qlue Ikut Bangun Ibu Kota Baru Jadi Green City

Qlue Ikut Bangun Ibu Kota Baru Jadi Green City

Aisyah Kamaliah - detikInet
Selasa, 17 Des 2019 20:17 WIB
Penajam Paser Utara yang akan jadi tempat ibu kota baru. Foto: Rosyid
Jakarta - Qlue sedang fokus membantu pembangunan ibu kota baru. Hal ini diutarakan founder Qlue Rama Adhitya.

"Kalau di ibu kota baru pun kita dua-duanya sudah masuk. Kami juga kerja sama launching 5G dengan Ericsson dan Telkomsel. Nah kami sebagai solusi, mereka sebagai infrastruktur," ujarnya.



Qlue pun paham harapannya di ibu kota baru adalah green city atau forest city. Karena itu, pihaknya pun telah menciptakan alat untuk menyaring CO2 menjadi O2 guna membersihkan udara. Alat ini juga akan digunakan di Jakarta agar kualitas udaranya jadi lebih sehat.

Namun ada sejumlah hal yang harus dibenahi menurut Rama. Yang pertama harus dibenahi adalah infrastruktur.

"Infrastruktur lagi digenjot habis-habisan kan. Kotanya udah siap tapi infrastrukturnya belom siap gimana dong?" kata Rama.

Namun dikatakannya, saat ini sudah ada sistem yang membantu user Qlue, yakni fungsi menyimpan data offline sehingga ketika tersambung internet lagi maka informasi tersebut akan ter-update.

Qlue Ikut Bangun Ibu Kota Baru Jadi Green CityFoto: Aisyah Kamaliah/detikINET


"Yang kedua adalah tantangannya talent. Pemerintah itu banyak banget data-data penting. Mencari AI dan IoT talent itu nggak gampang makanya kami menjemput bola, pelatihan, menjaring talent yang benar-benar potensial. Tapi itu sudah kami jalankan prosesnya akan meningkat kualitas SDM," jelasnya.

Qlue adalah platform ekosistem yang tergolong sukses menorehkan prestasi. Sebelumnya, ia mendapatkan penghargaan sebagai Startup of the Year 2019 dari majalah startup dan entrepreneur Asia Pasifik yang berbasis di Hong Kong, Jumpstart Magazine.



Selain itu, Qlue juga mendapatkan Best Mobile Government Service kategori Public Empowerment dari penyelenggaraan The 7th World Government Summit di Dubai, Uni Emirat Arab.

Simak Video "Usai Masa Reses, RUU Ibu Kota Baru Akan Diserahkan ke DPR"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)