Jumat, 13 Des 2019 17:09 WIB

Google Assistant Kini Dilengkapi Penerjemah

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Istimewa/Engadget
Jakarta - Setelah dirilis untuk speaker dan layar pintar, kini fitur interpreter atau penerjemah dihadirkan untuk Google Assistant di ponsel.

Fitur ini bekerja bersama Assistant. Cara mengaktifkannya adalah dengan menyebutkan kata semacam, 'Hey Google, be my German translator', atau 'Hey Google, help me speak Thai'.

Setelah aktif, interpreter akan menerjemahkan percakapan secara real time, yaitu mikrofon ponsel akan menerjemahkan kata-kata yang terekam ke dalam bahasa yang dipilih oleh pengguna.

Saat ini interpreter tersedia dalam 44 bahasa. Jumlah ini meningkat dari sebelumnya hanya 29 bahasa yang tersedia di layar ataupun speaker pintar. Pengguna tak perlu mengunduh aplikasi tambahan karena fitur ini terintegrasi ke dalam Google Assistant.


Bersama Google Lens, interpreter akan menjadi fitur yang berguna untuk orang yang sedang mengunjungi negara lain, demikian dikutip detikINET dari Cnet, Jumat (13/12/2019).

Google bukan perusahaan pertama yang menawarkan aplikasi atau fitur semacam ini. Sebelumnya ada developer seperti Dosmono dan Sogou yang pernah membuat aplikasi semacam itu.

Namun karena cakupan Android dan iOS yang sangat besar di seluruh dunia, maka cakupan dari fitur interpreter ini akan mempunyai pengguna yang sangat banyak.

"Skalabilitas Android sangat menarik karena ini terdistribusi di tempat di mana orang berbicara dengan berbagai bahasa. Anda akan melihat kalau ini (interpreter) akan membuka banyak peluang baru," ujar Vincent Lacey, product manager Google Assistant dalam pernyataannya.

Simak Video "Permudah Kuliner Pelanggan, GoFood Luncurkan 4 Inovasi Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/rns)