Rabu, 04 Des 2019 22:30 WIB

10 Skill Teknologi Paling Dicari Saat Ini, Mesti Tahu!

Rachmatunnisa - detikInet
Ilustrasi. Foto: Storyblocks Ilustrasi. Foto: Storyblocks
Jakarta - Data terbaru yang diungkap LinkedIn menemukan bahwa Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia merekrut para profesional yang memiliki skill atau keterampilan teknologi dan mampu mengadopsi teknologi digital untuk meningkatkan daya saing mereka.

Persiapan menghadapi Industri 4.0 memang sedang berdengung dalam beberapa tahun belakangan. Hal ini sejalan dengan transformasi digital yang sedang berlangsung di Indonesia.



Jadi tak heran kalau para profesional muda Indonesia yang bekerja di sektor UKM pun mencari peluang pembelajaran dan pengembangan baru untuk karir mereka, terutama dalam meningkatkan keterampilan di bidang teknologi.

Nah menurut data dari LinkedIn, saat ini skill yang berkaitan dengan teknologi memiliki pertumbuhan tahun-ke-tahun tertinggi di antara UKM di Indonesia. Penasaran apa saja skill tersebut? Ini dia 10 keterampilan teknologi yang paling dicari:

● Creative content creation

● Data analytics

● Data visualization

● Decision making

● Human-computer interaction

● Mobile application development

● Media sosial

● User experience design

● UX research

● Web development.

"Kami melihat minat belajar yang tinggi pada para karyawan UKM di Indonesia. Dengan hampir 60 juta UKM di Indonesia, menjadikan negara ini pasar yang kompetitif bagi para pemilik UKM untuk merekrut tenaga kerja yang tepat agar menjadi bagian dari tim mereka," kata Managing Director Asia-Pacific LinkedIn Olivier Legrand, dalam keterangan tertulisnya.

Dia menambahkan, selain bersikap terbuka tentang aspirasi serta membina hubungan yang tulus, para karyawan UKM juga dapat membagikan berbagai pembelajaran dan peluang yang sedang berkembang dan tersedia.



"UKM berupaya menarik tenaga kerja yang tepat, mereka dapat memperoleh manfaat dari proses perekrutan yang lebih matang," sambungnya.

Dari 10 skill berkaitan dengan teknologi yang sudah disebutkan di atas, kamu termasuk yang mana? Atau kamu sedang terpikir mengembangkan diri untuk punya keterampilan-keterampilan tersebut?

Simak Video "Telkomsel The NextDev Summit 2019 Banjir Mentor Top"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)