Ditanya Kewajiban Bayar Pajak, Ini Jawaban Facebook

Ditanya Kewajiban Bayar Pajak, Ini Jawaban Facebook

Adi Fida Rahman - detikInet
Rabu, 20 Nov 2019 19:12 WIB
Foto: Reuters
Jakarta - Pemerintah mengaku bersusah payah mengejar pajak Facebook. Tapi jawaban mengagetkan dilontarkan Facebook saat ditanyakan soal kewajibannya itu.

"Saya tidak pernah dihubungi soal itu (pajak) dan belum pernah dihubungi," kata Ruben Hattari, Kepala Kebijakan Publik di Indonesia untuk Facebook saat ditemui di Jakarta, Rabu. (20/11/2019).

Bilapun dihubungi, pihak Facebook tidak sekonyong-konyong mematuhi. Pasalnya mereka harus meninjau terlebih dulu topik apa yang diutarakan pemerintah.

"Saya kan harus liat dulu, kita kan belum tahu mau saya dihubungi tentang apa. Ya saya tidak juga tahu," pungkas Ruben.


Di kesempatan yang sama Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Plate sempat meminta Facebook menjalin hubungan saling menguntungkan (mutual benefit) antara Indonesia.

"Kalau ditanya saya, saya ingin Facebook berikan yang lebih untuk Indonesia. Juga demikian akan hasilkan yang lebih juga untuk Facebook. Di situlah mutual benefit kita," kata Johnny.

Lebih lanjut, Johnny mengatakan seiring bertambahnya nilai bisnis Facebook, muncul pula kewajiban Facebook kepada negara Indonesia.

"Di samping mendapatkan nilai tambah di Indonesia, juga memperhatikan kewajiban pajaknya di Indonesia, kita harapkan, mari kita diskusikan sama-sama, sehingga antara kewajiban dan hak-haknya mereka atau bisnisnya yang bisa berjalan secara baik," pungkas Menkominfo.

Simak Video "Pandemi Corona, Facebook Gaming Dirilis Lebih Cepat"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fyk)