Sabtu, 02 Nov 2019 18:59 WIB

Gojek Sebut Uber dan Lainnya Tiru Model Super App Miliknya

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET
Jakarta - Gojek mengklaim pihaknya adalah pelopor konsep super app atau aplikasi super. Bahkan, sekelas Uber pun disebut meniru Gojek.

Bagi kalian yang penasaran apa itu super app, istilah ini ditujukan kepada aplikasi yang menyediakan semua layanan dalam satu platform. Itu artinya, pengguna tidak perlu pindah platform untuk memesan hingga soal pembayarannya.

"Setiap hari orang itu make (aplikasi Gojek), itu intinya. Apa yang kita sediakan layanan itu bisa membantu konsumen sehari-hari," ujar Co-CEO Gojek Andre Soelistyo di Jakarta, Sabtu (2/11/2019).



Gojek mengungkapkan konsep aplikasi super yang telah diusungnya sejak 2015 lalu mampu mengembangkan ekosistem dengan menghubungkan jutaan orang, pelanggan, mitra driver, merchant, serta penyedia layanan.

"Makanya kalau kita lihat dari data, ini banyak nih yang belakangan bilang 'saya juga aplikasi super'. Uber aja yang dulunya mulai dari Uber Car, sekarang itu di Amerika, mereka ingin jadi aplikasi super. Banyak pemain global mencontoh terhadap apa yang kami capai," kata Andre.

Gojek Sebut Uber dan Lainnya Tiru Model Super App MiliknyaFoto: detikINET/Mujahid Fidinillah

Pada kesempatan yang sama, Co-CEO Gojek Kevin Aluwi mengungkapkan konsep super app yang diadopsinya terbilang sukses, di mana hal itu dibuktikan salah satunya pertumbuhan total pengguna aktif bulanan yang mencapai 1,5 kali lipat dalam satu tahun terakhir.



"Hal ini didukung oleh semakin bertambahnya jumlah pelanggan yang menggunakan, setidaknya tiga layanan Gojek dalam sebulan (core users). INi menjadi indikator bahwa upaya kami untuk menjadi super app kehidupan sehari-hari tepat sasar," tuturnya

Kevin juga memparkan bahwa salah satu kunci kesuksesan Gojek adalah dengan menciptakan ekosistem terintegrasi denga tiga super app, yang di antaranya Super App Pelanggan, Super App Pengemudi, dan Super App Merchant.

"Ketiga super app ini meliputi multi super app untuk membantu pelanggan menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari, super app untuk mitra driver dan penyedia layanan mendapatkan penghasilan tambahan, dan super app untuk merchant mengembangkan bisnisnya," pungkas pria berkacamata ini.

Simak Video "Sinyal Kuat Gojek untuk Melantai di Bursa Saham"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/agt)