Rabu, 23 Okt 2019 11:19 WIB

Ini Masukan Asosiasi Internet Buat Menkominfo Johnny G Plate

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Johnny G Plate (Andhika/detikcom) Foto: Johnny G Plate (Andhika/detikcom)
Jakarta - Kendati bukan dari kalangan industri, Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia (APJII) tetap menyambut baik dan mendukung terpilihnya Johnny G Plate sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo).

"Penempatan semua menteri termasuk Pak Johnny menjadi pilihan terbaik presiden. Kami 100% mendukung," ujar Jamalul Izza, ketua APJII saat dihubungi detikINET.


Jamal mengaku belum kenal dengan Johnny kendati namanya tidak asing di telinga sebagai politikus Nasdem. Karenanya APJII berencana segera melakukan audiensi dengan Menkominfo yang baru.

"Kami berharap apa yang sudah dibangun APJII dengan Kominfo selama ini bisa berjalan lebih bagus lagi. Program yang saat ini dan akan jalan bisa berkesinambungan terus," ujar Jamal.

Lebih lanjut dikatakannya, ada sejumlah pekerjaan rumah yang sudah menunggu Johny. Pertama infrastruktur, kendati Palapa Ring rampung dibangun namun itu sebatas backbone.

"Ada beberapa hal yang harus dilanjutkan. Misalnya membangun infrastruktur ke daerah yang internetnya cukup susah," jelas Jamal.

Menkominfo pun diminta bagaimana meningkatkan trafik lokal. Selain itu terus meningkatkan penyaringan konten negatif yang selama ini sudah berjalan baik.

Tidak ketinggalan soal perlindungan data pribadi. Karena itu merupakan basis big data Indonesia.

"Ini penting dan krusial. Termasuk soal data-data besar yang harus disimpan di Indonesia," tegas Jamal.


Dia kembali berharap Johnny mau mendengar masuk-masukan dari para pelaku industri ICT di Tanah Air. Pasalnya merekalah yang mengerti kondisi di lapangan.

"Selama ini yang berjalan Pak Rudiantara cukup mendengar masukan dari industri karena yang mengerti di lapangankan. Jangan sampai regulasi yang dibuat menghambat perkembangan internet Indonesia," pungkasnya.

Simak Video "Strategi Menkominfo Johnny di Era Digital"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fyk)