Senin, 14 Okt 2019 07:16 WIB

Sudah Pensiun, Jack Ma Tetap Terkaya di China

Fino Yurio Kristo - detikInet
Foto: Reuters Foto: Reuters
China - Jack Ma telah resmi pensiun dari Alibaba sejak 10 September silam. Namun demikian, posisinya sebagai orang terkaya di China tetap tak tergoyahkan.

Dalam laporan terbaru dari Hurun China Rich List, Jack Ma menempati posisi pertama orang paling tajir di Negeri Tirai Bambu tersebut dengan kekayaan di kisaran USD 39 miliar.



Dikutip detikINET dari The Star, kekayaan dia dibuntuti ketat oleh sesama konglomerat teknologi, yakni Ponya Ma yang tak lain adalah Chairman dan pendiri Tencent. Diketahui, Pony Ma berharta sekitar USD 37 miliar.

"Mereka yang mampu beradaptasi pada ekonomi digital berada dalam posisi bagus untuk menikmati pertumbuhan kemakmuran," cetus Rupert Hoogewerf, pendiri Hurun Rich List.

Daftar tersebut meliputi setiap orang yang minimal kekayaannya di China 2 miliar Yuan atau USD 290 juta. Totalnya, ada 1.819 individu yang masuk tahun ini, di mana angka ini merosot 4% dibanding tahun sebelumnya.



Bisnis di sektor Teknologi Informasi (TI) menjadi sumber kekayaan terbesar nomor tiga. Berada di atasnya adalah sektor manufaktur yang diikuti sektor real estate.

Jack Ma sendiri menyibukkan diri di bidang amal usai pensiun dari Alibaba, raksasa e-commerce yang dibesarkannya. Ia fokus di bidang pendidikan, dunia yang dicintainya lantaran dulu pernah menjadi guru.

Simak Video "Tuai Kritikan, Jack Ma Jelaskan Soal Sistem Kerja ''996''"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/agt)