Kamis, 10 Okt 2019 11:33 WIB

Cari Tempat Kos Nyaman dan Aman Lewat RoomMe

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: RoomMe Foto: RoomMe
Jakarta - Kebutuhan indekos (kos) yang tinggi di Indonesia, tidak diimbangi dengan fasilitas memadai dan cara efisien dalam mencari lokas kos tersebut. Berangkat dari persoalan tersebut, RoomMe hadir sebagai operator rumah kos virtual pertama di Indonesia.

Glen Ramersan dan empat rekannya, Daniel Basuki, Eric Arifin, Arifin Daniel, Winoto Hartanto yang pada tahun 2017 mulai mengembangkan startup sebagai platform operator rumah kos virtual bernama RoomMe. Mereka tergerak untuk membantu pemilik kos guna memaksimalkan bisnisnya, sekaligus mempermudah penyewa untuk menemukan kos yang nyaman dan terjangkau.

"RoomMe itu operator kos pertama di Indonesia. Kita bantu orang untuk nyari tempat tinggal bukan penginapan. Jadi, kita operator virtual yang dimaksud itu mengoperasikan kos tanpa ada di situ," jelasnya ditemui di Tech in Asia Conference, Jakarta.


Berbeda dengan AirBnb maupun InfoKost yang hanya menyediakan list penginapan atau kos, sedangkan RoomMe berperan sebagai operator yang dalam hal ini mengelola tempat kos dengan fasilitas yang sudah sesuai standar.

"Nomor satu kita garansi soal standar, yang kita fokus pengalaman tinggal di dalam RoomMe dengan nyaman dan terjangkau. Pokoknya kita janjikan di kos sudah tersedia air panas, toilet di dalam, WiFi, laundry, AC, hingga TV," sebutnya.

Dijelaskannya, calon penyewa tak perlu lagi mendatangi kos hanya untuk melihat fasilitas dan bernegosiasi dengan pemilik. Proses tersebut bisa dilakukan melalui aplikasi atau website.

RoomMe, Permudah Pencarian Kos yang Nyaman dan AmanFoto: RoomMe


Aplikasi RoomMe

RoomMe sendiri baru menghadirkan apilkasinya yang tersedia untuk smartphone berbasis Android. Sementara itu yang versi iOS sedang dalam tahap pengembangan.

Keberadaan aplikasi RoomMe ini diharapkan jadi solusi untuk mempermudah pelanggan mencari dan mendapatkan kamar kos yang aman dan nyaman dengan fasilitas lengkap. Mereka mengklaim prosesnya dilakukan secara transparan, sistematis dan efisien dengan sistem pemasaran dan operasional yang lengkap dan cerdas.



Glen menambahkan bahwa RoomMe merupakan aplikasi buatan anak bangsa yang merevolusi industri kos yang belum berinovasi sejak lama. RoomMe memaksimalkan pengelolaan rumah kos mereka, sekaligus membantu penyewa untuk mencari kos dengan cepat dan sesuai kebutuhan, baik dari sisi fasilitas maupun harga yang terjangkau.

"Di aplikasi tersebut, pengguna bisa mencari dan mendapatkan informasi rumah kos dengan cepat, termasuk melakukan pembayaran dengan metode yang beragam. Selain itu, pengguna juga bisa melakukan interaksi di dalam komunitas. Sehingga tercipta ekosistem rumah tinggal (kos) yang modern dan harmoni," tutur Glen.

Simak Video "Menkominfo Sebut Startup Pendidikan Sebagai Calon Kuat ''The Next Unicorn''"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)