Jumat, 04 Okt 2019 21:53 WIB

Jadi Alternatif Pembayaran, DANA Ingin Bantu UKM Kelola Keuangan

Akfa Nasrulhak - detikInet
Foto: Akfa Nasrulhak Foto: Akfa Nasrulhak
Jakarta - Dompet digital DANA terus memanfaatkan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk mempercepat adopsi layanan mereka oleh masyarakat yang belum tersentuh oleh perbankan. Salah satunya dalam event Brightspot Market di SCBD Jakarta yang digelar sejak 3-6 Oktober, DANA menjadi official digital payment untuk pembelian makanan dan minuman.

Menurut Public Relations Manager DANA Restituta Ajeng Arjanti, kolaborasi Brightspot dan Dana membuka peluang yang makin lebar bagi pelaku ekonomi kreatif untuk lebih mengenal keunggulan budaya baru bertransaksi digital. Transaksi ini dinilai lebih efisien, praktis, mudah, dan aman.

"Dimulai dengan BrightspotMRKT 10 Year Anniversary, sinergi Brightspot dan Dana juga akan mendorong pertumbuhan perekonomian nasional berbasis digital," ujar Ajeng, di sela-sela acara Brighspot Market di Jakarta, Jumat (4/10/19).


Sebanyak 49 tenant makanan dan minuman di acara tersebut difasilitasi layanan pembayaran melalui aplikasi DANA. Ajeng berharap selain untuk mempermudah konsumen lebih cepat membayar tanpa lama antre, juga mempermudah pelaku usaha dalam mengelola keuangan.

"Memang kenapa DANA hadir di sini, untuk mempermudah transaksi. Kita lihat dari konsumennya dulu ya. Misalnya kalau kita beli ke toko, terus pakai uang tunai, tapi misalnya nggak ada kembalian, akhirnya ya sudah deh nggak apa-apa. Sekali-kali sih nggak masalah, tapi kalau terus berulang kali juga kan lama-lama jadi bukit. Jadi ada rasa ketidakpuasan, baik dari sisi pembeli maupun pengusaha," ujarnya.

"Selain itu, dari sisi UMKM, mereka kan sedang berjuang untuk mengembangkan usahanya itu. Jadi masih banyak fokus yang harus diurusin seperti produksi, promosi, belum lagi pembayarannya. Nah dengan DANA, ada pembayaran digital yang bisa membantu mereka untuk solusi pembayarannya, mereka bisa lebih fokus hal lain seperti produksi atau pengembangan produknya," tambahnya.

Salah satu UKM di acara Brighspot 2019, Steve Wahyu yang menjual produk makanan ikan asin jambal kemasan mengaku senang dengan adanya aplikasi DANA. Bahkan, yang paling ia suka adalah dari faktor keamanannya.

"Tarus terang, DANA sih benar-benar mempermudah pembayarannya. Dalam arti, yang paling saya suka sih faktor 'secure', itu yang paling penting. Soalnya aman sekarang sudah usaha segala macem, tiba-tiba ada dana yang ditarik orang lain itu sudah paling malas kan," ujar Steve.


"Kalau dari sisi pembayaran secara cashless ya, itu memang mudah ya. Jadi, saya bisa hitung tuh konsumen tinggal beberapa klik aja sudah bisa transaksi. Ternyata tinggal buka aplikasi, klik scan, itu sudah langsung bisa bayar," tambahnya.

Simak Video "Cara Aktifkan Dark Mode WhatsApp"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/fay)