Jumat, 04 Okt 2019 20:14 WIB

Begini Cara Pekalongan Atasi Sampah, Pakai Aplikasi

Robby Bernardi - detikInet
Foto: Robby Bernardi/detikINET Foto: Robby Bernardi/detikINET
Kabupaten Pekalongan - Sampah, persoalan yang selalu ada dan ada dimana-mana. Di Kabupaten Pekalongan sendiri, menurut Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi, tercatat dalam sehari terdapat 370 ton sampah. Sebanyak 30% merupakan sampah plastik.

"Perhari sampah kita ada sekitar 370 ton, 30% sampah plastik dan kita akan kelola dengan baik," kata Asip Kholbihi usai meluncurkan aplikasi Yowaste di Desa Pecakaran, Kecamatan Wonokerto, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Jumat (4/10/2019).


Menurut Asip, pihaknya akan mengendalikan banyaknya sampah dengan cara kekininian yakni dengan menggunakan aplikasi Yowaste. Sebuah aplikasi penanganan sampah berbasis Android. Dengan aplikasi ini menurut Asip, sampah justru akan mempunyai nilai ekonomis. Caranya, warga hanya membuka aplikasi tersebut setelah mendownloadnya di Google PlayStore dan mengunduhnya.

"Bila akan buang sampah, tinggal klik Yowaste, lalu petugas akan datang," jelasnya.

Begini Cara Pekalongan Atasi Sampah, Pakai AplikasiFoto: Robby Bernardi/detikINET


Oleh petugas, nantinya sampah tersebut akan ditimbang beratnya kemudian dibeli. Uangnya sendiri langsung akan ditransferkan oleh petugas di akun Yowaste milik warga yang bersangkutan.

"Jadi sampah yang semula hanya dibuang begitu saja kini bisa menambah-nambah uang belanja ibu-ibu," kata Asip.

Namun demikian, untuk pertama kali sebagai lahan percobaan, petugas baru bisa menerima sampah berupa plastik dan kardus atau sampah non organik.

Dikatakan Asip, pihaknya sedang melakukan penyusunan program dalam rangka menuju Indonesia bebas sampah pada 2025.

"Kita berkomitmen melakukan langkah-langkah dalam konteks pengurangan sampah sampai 70% yang diwujudkan dengan pembuatan Perda pada tahun 2018 dan Perbup pengendalian sampah dan sterofom pada tahun 2019," katanya.


Selain dengan aplikasi tersebut, Asip menambahkan pihaknya tengah menggalakan program Bersih Jumat Pagi (Berjumpa) yang dilakukan bersama masyarakat dalam bentuk kegiatan bersih-bersih.

Simak Video "Bupati Tegal Diteror, Mobil Dinasnya Dibakar Pria Misterius"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)