Kamis, 26 Sep 2019 21:10 WIB

Kreatif! Kemendikbud Koreksi Ejaan Saat Demo Mahasiswa

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Kemendikbud
Jakarta - Dalam aksi menyampaikan aspirasi, tak sedikit mahasiswa yang membentangkan poster berisi kritikan kepada Pemerintah dan DPR, meski ada juga kalimat yang nyeleneh. Melihat ada yang salah penulisan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengoreksinya.

Misalnya ada mahasiwa yang lupa menyematkan huruf "k" dalam kata "menghianatiku". Kemudian ada juga yang menggabungkan imbuhan "di" yang seharusnya dipisah, tapi justru disatukan.



Hal itu Kemendikbud sampaikan di postingan Instagram miliknya. Dikatakan Kemendikbud, kreativitas (creativity) adalah salah satu kompetensi yang dibutuhkan generasi bangsa di abad 21. Selain itu, ada 4C lain, yakni Communication (komunikasi), Collaboration (kolaborasi/kerja sama), Critical Thinking (berpikir kritis), dan Confidence (percaya diri). .

"#SahabatDikbud sudah melihat poster-poster dari mahasiswa saat aksi unjuk rasa kemarin? Kreatif-kreatif, bukan?," tulis Kemendikbud dalam akun Instagram miliknya.

Kemendikbuk Koreksi Ejaan Saat Demo MahasiswaFoto: Kemendikbud



"Nah, Kemendikbud mengajak #SahabatDikbud untuk melihat kreativitas mahasiswa dalam karya posternya itu, dan memperbaiki kesalahan penulisan bahasa Indonesia. Apakah #SahabatDikbud menemukan poster kreatif lain untuk media pembelajaran bahasa Indonesia?," tuturnya.

Postingan Kemendikbud ini mendapat beragam reaksi dari netizen. Ada yang mendukungnya karena bagian dari literasi, tetapi ada juga yang kontra, atau yang baru tahu kata serapan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia.

[Gambas:Instagram]



"Aku baru ngeh kalau bentuk baku dari introvert adalah introver," ucap salah satu akun.

"Budayakan literasi yoi min awokawok," kata netizen.

"Jangan cuma rakyat yang dikoreksi, tolong koreksi dan ajarkan para pejabat tinggi untuk mengerti apa arti dari sebuah kata 'janji'," timpal netizen yang lain.

Bahkan, ada netizen yang menanyakan ke admin Kemendikbud perbedaan makna antara "ditunda" dan "dibatalkan", apakah sama maksudnya.

Kemendikbuk Koreksi Ejaan Saat Demo MahasiswaFoto: Screenshot


Simak Video "Google Maps Informasikan Resto yang Bisa Pesan Antar Makanan "
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)