Sabtu, 14 Sep 2019 09:23 WIB

Fakta Persaingan Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Blibli cs

Rachmatunnisa - detikInet
1 Rataan Pengunjung Web Bulanan Bukalapak dan Fakta Lainnya
Halaman 2 dari 2
Foto: iStock Foto: iStock

6. Rataan pengunjung web bulanan Bukalapak menurun 22%. Bukalapak yang baru-baru ini meluncurkan Bukaglobal untuk membuka peluang bagi pelanggan di luar Indonesia mengakses dan berbelanja di situs Bukalapak, menurun satu peringkat dari kuartal sebelumnya untuk urusan pengunjung web bulanan.

Meskipun demikian, rataan pengguna aktif bulanan Bukalapak masih 5 besar tertinggi di Asia Tenggara bersama dengan Tokopedia. Bukalapak berada di posisi ketiga untuk rataan pengunjung web bulanan dengan penurunan sebanyak 26 juta pengunjung.

7. Rataan kunjungan web bulanan Bhinneka meningkat 100% dari kuartal sebelumnya. Bhineka sebagai salah satu e-commerce lokal yang bermula dari toko offline, meningkat secara signifikan pada rataan kunjungan web bulanan mereka dikuartal ini.

Pada Q2 2019 ini, total pengunjung web bulanannya sebanyak 7.678.900. Total peningkatan pengunjung sebesar 123% menjadikan Bhineka naik ke peringkat ketujuh setelah sebelumnya pada Q1 2019 berada di peringkat 10.


8. Blanja berhasil masuk posisi 10 besar dengan peningkatan pengunjung web bulanan sebanyak 71% Blanja, e-commerce hasil joint venture antara PT Telkom Indonesia Tbk dan eBay Inc ini berada di peringkat 9 sebagai e-commerce paling banyak dikunjungi di Q2 2019 ini.

Total pengunjung web bulanan pada kuartal ini adalah 5.511.600, dan ini merupakan pertama kali Blanja berhasil kembali di posisi 10 besar setelah 2 tahun terakhir pada Q4 2017, berdasarkan data peta persaingan e-commerce Indonesia.

9. Aplikasi AliExpress tetap diminati meski tidak punya basis penjual lokal di Indonesia. AliExpress adalah aplikasi e-commerce dengan pengguna aktif bulanan terbesar ke 8 di Indonesia.

Jaminan harga murah yang ditawarkan AliExpress menjadi faktor utama yang membuat banyak konsumen menggunakan aplikasi ini. Meski rata-rata produknya disuplai oleh penjual dari luar Indonesia, para pembeli tidak ambil pusing jika kisaran harga yang diberikan lebih murah dari pasar lokal.

10. Konsep baru Sorabel dan Zilingo membuatnya diunduh lebih banyak orang. Awal Q2 menjadi momen rebranding Sale Stock sebagai Sorabel. Di awal Q2 pula, Zilingo mendapat pendanaan baru seri D dari Temasek Singapura.

Aktivitas dua platform e-commerce di awal Q2 itu membuat mereka leluasa menerapkan konsep baru pada aplikasi masing-masing yang kemudian membuat lebih banyak orang tertarik untuk mengunduhnya.


Hasilnya, Sorabel dan Zilingo berturut-turut duduk di ranking 5 dan 6 untuk jumlah unduhan terbanyak. Mereka hanya berada di belakang platform besar seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan Bukalapak.

11. Perusahaan e-commerce yang menyasar pasar produk serba ada seperti Mapemall, Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan Lazada, tercatat menyerap tenaga kerja terbanyak di Q2 2019.

Total tenaga kerja yang telah diserap lima perusahaan e-commerce serba ada itu mencapai angka 14.075 orang. Pada Q2 2019, kelima perusahaan yang sama menambahkan total 1.100 tenaga kerja untuk memutar bisnis mereka sejak Q1 2019. Peningkatan tertinggi dimiliki oleh Tokopedia yaitu 467 orang, Shopee 269 orang, Mapemall 121 orang, Bukalapak 121 orang dan Lazada 77 orang.

*) Artikel ini berdasarkan riset iPrice 'Peta e-Commerce Indonesia'.

(rns/krs)