Kamis, 05 Sep 2019 16:10 WIB

Kenalin Gaspol, Penantang Gojek dan Grab dengan 'Helm Gundala'

Aisyah Kamaliah - detikInet
1 Punya 'Kapten'
Halaman 2 dari 2
Foto: Dok. Gaspol Foto: Dok. Gaspol

Keunikan di Gaspol adalah adanya kapten yang mengatur dan bertanggung jawab pada driver yang ada di bawahnya. Setiap kapten harus memastikan semua riders menaati peraturan yang ada dan memenuhi prosedur lainnya.

"Kami kan sering melakukan pertemuan antar kapten, jadi kita mengharuskan setiap kapten yang bawa rider-nya itu kenal dengan ridernya. Jadi kita sistemnya ada masalah di driver, kita cari kaptennya dulu," masih kata Lisa.

Kini ada sekitar 76 kapten, masing-masing kapten bertanggung jawab atas minimal 70 pengemudi. Mitra yang terpilih diklaim sudah disaring ketat, mulai dari validasi data identitas misalnya. Dari standar operasional pun, mitra harus memiliki ID.


Gaspol punya basis di Depok hal ini dikarenakan jumlah komunitas terbesar berada di kawasan tersebut. Menurut klaim Abiraja yang turut serta dalam diskusi, banyak juga driver yang pindah ke Gaspol.

"Kita kelebihannya banyak buat rider, yang kita potong ada yang kita kembalikan. Jadi ibarat dalam trip itu ada tabungan yang bisa disisihkan," ujarnya.

"Komunitas kita buatkan koperasi, bonus aplikasi driver ada bonus minggguan, bulanan dan tahunan," imbuh dia.

Untuk sementara, pembayaran ojol ini bisa melalui top-up melalui bank atau cash. Tak menutup kemungkinan perusahaan ini akan bekerjasama dengan layanan fintech nantinya.

(ask/fyk)