Selasa, 03 Sep 2019 21:00 WIB

Mahasiswa Purwokerto Bikin Alat Deteksi Perokok di Toilet KA

Arbi Anugrah - detikInet
Halaman 1 dari 3
Foto: Arbi Anugrah Foto: Arbi Anugrah
Jawa Tengah - Untuk meminimalisir pelanggaran penumpang yang merokok saat berada di Kereta Api, mahasiswa Institut Teknologi Telkom (ITT) Purwokerto merancang alat pendeteksi rokok berbasis Internet of Things yang bisa diterapkan di dalam toilet KA.

"Ide awal saya fokusnya di kereta api, karena di kereta api kan walaupun sudah ada peraturan larangan merokok, tapi masih ada juga yang melanggar. Saya lihat kasus kasusnya, baca di media, masih banyak yang melanggar terutama di toilet kereta api," kata Muhammad Faiq, mahasiswa dari Program Studi (Prodi) D3 Telekomunikasi saat berbincang dengan wartawan, Selasa (3/9/2019).

Menurut Faiq, alat pendeteksi rokok ini sudah diuji kelayakannya oleh dosen pembimbing dan penguji di Laboratorium Teknik Elektro dan Teknik Digital (TETD). Dalam penerapannya nanti tidak mesti di kereta api, bisa juga misalnya di rumah sakit.


Dia menjelaskan sistem dalam alat yang diciptakan itu sudah menggunakan teknologi sesuai dengan perkembangan saat ini. Ia dapat dipantau dari jarak jauh dan dihubungkan dengan sebuah aplikasi yang ada pada smartphone.

"Cara kerjanya, karena saya disini pakai sensor MQ2, itu sensor yang difungsikan untuk dapat mendeteksi pekat gas yang dapat terbakar di udara, tapi saya fokuskan di asap rokok. Jadi kalau ada indikasi asap rokok di suatu ruangan maka sensor MQ2 itu akan bekerja, dan setelah bekerja nanti akan mengirimkan sebuah notifikasi ke aplikasi telegram yang handphonenya dipegang oleh kondektur atau polsuska," jelasnya.

Alat pendeteksi ciptaannya ini diberikan akses poin untuk menangkap sinyal WiFi yang bekerja untuk memberikan pesan kepada petugas. Sambil menunggu petugas datang, alat tersebut secara otomatis ketika mengetahui ada asap rokok langsung mengunci pintu toilet kereta api dan dapat dibuka hanya oleh petugas setelah mendapatkan pesan notifikasi.

Ke Halaman Selanjutnya (arb/fyk)