Kamis, 29 Agu 2019 19:00 WIB

Prediksi Elon Musk Diragukan Jack Ma

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jack Ma dan Elon Musk. Foto: Reuters Jack Ma dan Elon Musk. Foto: Reuters
Shanghai - Elon Musk dan Jack Ma baru saja debat 'berkelas' di ajang World Artificial Intelligence Conference di Shanghai. Mereka membicarakan soal perkembangan komputer dan kecerdasan buatan di masa depan.

Menurut Elon, komputer terus bertambah pintar dibandingkan manusia dan tren itu takkan berhenti. "Kita akan jauh, jauh dilampaui di segala hal. Saya menggaransinya," kata Elon saat jadi pembicara bersama Jack Ma.

Elon mengambil contoh bahwa kecerdasan buatan sudah mampu mengalahkan manusia dalam catur ataupun game Go yang populer China. "Ponsel Anda bisa saja mengalahkan juara dunia catur," katanya yang dikutip detikINET dari CNBC.




Lebih lanjut, Elon berbicara tentang teknologi masa depan yang dibuat salah satu perusahaannya, Neuralink. Startup ini punya misi menggandakan kemampuan manusia menanamkan interface otak-mesin dengan bandwidth sangat tinggi untuk menghubungkan manusia dan komputer.

"Hal pertama yang harus kita asumsikan adalah kita sangat bodoh. Kita tentu bisa membuat benda-benda yang lebih pintar dari kita," imbuh Elon.

Giliran berbicara, Jack Ma punya pandangan lain di mana dia meragukan prediksi Elon. "Tidak pernah dalam hidup saya, khususnya dalam 2 tahun terakhir ketika orang berbicara soal AI, bahwa manusia akan dikontrol oleh mesin. Itu tidak mungkin," tandasnya.

Di samping itu, dia tidak ingin bermain catur ataupun Go melawan mesin karena game itu didesain agar orang bertanding dengan manusia lain. "Aku akan lebih senang melihat dua komputer bertanding satu sama lain," kata pendiri Alibaba ini.




Simak Video "Tuai Kritikan, Jack Ma Jelaskan Soal Sistem Kerja ''996''"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com