Sabtu, 24 Agu 2019 22:45 WIB

Round-up

Gojek Bikin Heboh Malaysia

Tim detikINET - detikInet
Halaman 1 dari 5
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Pemerintah Malaysia menyetujui GoJek beroperasi di negaranya. Meski demikian, tentu saja masih akan ada berbagai peninjauan dari segi hukum sebelum izin operasional diberikan. Demikian hasil pertemuan kabinet pemerintah Malaysia pada Rabu (21/8).

Informasi ini disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia Syed Saddiq Syed Abdul Rahman dalam sebuah postingan video yang diunggahnya di akun Twitter pribadinya @SyedSaddiq.


Menteri Pengembangan Entrepreneur Malaysia Mohd Redzuan Yusof mengatakan, Kementerian Pemuda dan Olahraga dan Kementerian Transportasi akan bertanggung jawab mengidentifikasi hukum yang akan diubah atau dibuat sebagai landasan izin operasional GoJek.

Aturan-aturan ini nantinya akan mengatur di mana dan bagaimana aplikasi GoJek dapat beroperasi, termasuk mencegah terjadinya monopoli pasar oleh satu perusahaan. Kementerian terkait kemudian akan membahas undang-undang ini di parlemen.

"Kami ingin memastikan apa pun yang kami terapkan untuk mengembangkan ekonomi bagi kaum muda kami, itu tidak melanggar hukum," kata Mohd Redzuan Yusof seperti dikutip dari Business Insider, Jumat (23/8/2019).

[Gambas:Instagram]

Sumber lain yang dikutip dari New Straits Times menyebutkan, Mohd Redzuan juga memprediksi operasional GoJek kemungkinan akan dimulai dalam waktu dua bulan setelah persetujuan Kabinet.

Dia menjelaskan bahwa Malaysia sudah memiliki sejumlah aturan yang mencakup geofencing untuk memantau operasional aplikasi semacam GoJek. Geofencing memastikan pengemudi tidak berkendara di jalan tol yang bisa membahayakan.

Kabar ini mendapat reaksi bermacam-macam dari berbagai pihak. Banyak yang mendukung, tapi tidak sedikit pula menentang. Bahkan ada yang mengancam melakukan demonstrasi jika pemerintah Malaysia memberikan izin bagi Gojek.

Baca Selanjutnya: Gojek Ditentang di Malaysia Meski Belum Mengaspal (afr/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com