Kamis, 22 Agu 2019 16:50 WIB

Jadi Mitra GoFood, Penjualan Warung Makan Ibu Ayu Naik 300%

Nurcholis Maarif - detikInet
Foto: Dok Gojek Foto: Dok Gojek
Jakarta - Promo berupa diskon atau voucher berguna bagi merchant dalam memasarkan bisnis dan bersaing dengan produk yang sejenis. Pasalnya pelanggan melihat harga selain membandingkan produk yang sama sebelum menentukan pilihan untuk membelinya.

Saat promo berhasil, maka penjualan produk akan meningkat dan menaikkan omzet. Namun, merchant juga harus tahu momentum saat memberikan promo kepada pelanggan setianya, termasuk agar menarik pelanggan baru. Hal inilah yang baru dipelajari dan diterapkan Waimah, pemilik Warung Makan Ibu Ayu di Duri Kosambi, Jakarta.




Awalnya Waimah yang merupakan mitra merchant GoFood ini secara tidak sengaja menemukan fitur diskon self service SKU saat menjelajahi halaman bantuan pada aplikasi GoBiz, yakni aplikasi besutan Gojek yang diciptakan untuk membantu operasional usaha khusus para mitra merchant. Di situ, Waimah membaca tentang promo dan belajar tentang cara membuat promo sendiri untuk produk makanannya.

Kemudian Waimah menerapkan apa yang dipelajarinya tersebut di bisnis kuliner miliknya. Dengan menjadi mitra GoFood dan memanfaatkan teknologi di aplikasi GoBiz, Waimah mengatakan bahwa membuat promo tidak terlalu sulit. Ia hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang memilih menu, memasukkan harga, memilih tanggal promo, dan kemudian promo akan aktif pada hari berikutnya.

"Dengan (fitur) promo saya bisa mempromosikan restoran saya pada pelanggan baru. Saya bisa menentukan sendiri waktu promonya dan itu memudahkan saya sebagai mitra GoFood untuk mengevaluasi promo yang saya lakukan," ucap Waimah.

Waimah juga mengatakan bahwa GoBiz memudahkannya untuk mengevaluasi kampanye promo yang telah dilakukan. Jika kinerjanya baik, ia akan mencoba melanjutkan kampanye, tetapi akan menaikkan harga dan mengurangi diskon. Biasanya Waimah memilih menu best seller dan menu yang mudah dibuat untuk menjadi menu promosi dari kampanye yang dibuatnya melalui aplikasi.




Hasilnya, kini penjualan menu Warung Makan Ibu Ayu milik Waimah meningkat. Jika sebelumnya hanya 3-4 unit per hari, setelah menerapkan promo yang dibuat sendiri, penjualan dari aplikasi GoFood meningkat hingga 300%, yaitu 12-20 porsi per hari. Hal ini juga meningkatkan omzetnya hingga 100%.

"Saya mendapatkan kenaikan jumlah order dan juga pendapatan sampai 100% dengan membuat promo sendiri melalui fitur yang ada di GoBiz," ucap Ibu Waimah.

Simak Video "Resep Rahasia GoFood Berdiri Jadi Pemimpin Pesan Antar Makanan"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/krs)