Rabu, 21 Agu 2019 16:02 WIB

Webcam Tertua di Dunia Bakal Segera Dimatikan

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Screenshot Foto: Screenshot
Jakarta - FogCam dipercaya sebagai webcam tertua yang ada di internet, dan webcam ini akan bakal dimatikan pada akhir Agustus setelah beroperasi secara terus-menerus selama hampir 25 tahun.

Adalah Jeff Schwartz dan Dan Wong yang pertama mengoperasikan webcam ini, yaitu saat mereka masih menjadi mahasiswa di San Francisco State University pada 1994 lalu. Schwartz dan Wong mengumumkan keputusan untuk mematikan webcam tersebut lewat Twitter.

Dalam kicauannya itu, mereka juga berterima kasih kepada para penontonnya, serta pihak universitas yang sudah memberikan dukungan selama bertahun-tahun, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Rabu (21/8/2019).




Dalam sebuah wawancara, Schwartz mengungkap alasannya untuk mematikan webcam tersebut. Yaitu mereka kesulitan mencari lokasi untuk meletakkan kamera tersebut.

"Pihak universitas memang memberikan toleransi, namun mereka tidak mendukung kami dan kami harus mencari lokasi yang aman sendiri," ujar Schwartz.




Saat nanti sudah dimatikan, webcam tersebut memang tak akan lagi menyiarkan video apa pun, namun situs yang sebelumnya dipakai akan tetap online. Tujuannya adalah agar situs ini tetap bisa dikunjungi oleh generasi yang akan datang.

Selain FogCam, sebenarnya ada juga webcam lain yang umurnya cukup tua. Webcam tersebut disimpan di Cambridge University, dan secara konstan menampilkan video sebuah teko kopi sejak 1993. Namun webcam ini sudah dimatikan sejak lebih dari satu dekade lalu.




Simak Video "Perjuangan Warga Pedalaman Aceh Mencari Sinyal"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/krs)