Sabtu, 10 Agu 2019 09:14 WIB

Tim Robot ITS Siap Ikut Kompetisi di Korea Selatan

Luthfi Anshori - detikInet
Foto: ITS Foto: ITS
Jakarta - Tim Robotika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) siap berlaga di Roboworldcup 2019 di Changwon, Korea Selatan pada 11-16 Agustus mendatang. Kompetisi ini digelar oleh Federation of International Robot-Sport Association (FIRA).

Tim terdiri dari 19 mahasiswa dan dua dosen pembimbing, bersama dengan tim dari Universitas Negeri Yogyakarta dan Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, mereka bersiap mengharumkan nama Indonesia.

"Pada kompetisi taraf internasional ini kami memboyong delapan robot andalan kami untuk memperebutkan gelar juara dari tiga kategori lomba yang berbeda," kata Muhtadin, Pembina Tim Robotika ITS, dalam keterangan resmi kepada detikINET, Sabtu (10/8/2019).



Dijelaskan Rektor ITS Mochamad Ashari, kompetisi FIRA mulanya merupakan ajang kontes robot internasional khusus untuk sepakbola atau disebut juga Federation of International Robot-soccer Association.

Namun dalam beberapa tahun terakhir ini, FIRA berganti kepanjangannya menjadi Federation of International Robot-Sport Association. Oleh karena itu, tidak hanya sepakbola yang dilombakan.

"Ada berbagai kategori lomba lain yang baru seperti panahan, angkat beban, robot terbang, dan lain lain," kata dosen Teknik Komputer ITS ini.

Ada tiga kategori lomba yang akan diikuti oleh tim ITS, di antaranya adalah HuroCup, RoboAir dan RoboSot. Dalam kategori HuroCup, Tim Robotika ITS mengikutsertakan tiga robot humanoid yang merupakan karya dari Tim Ichiro ITS.

Kemudian untuk kategori RoboAir, ITS mengikutsertakan dua robot terbang karya Tim Bayucaraka ITS. Sedangkan tiga robot beroda lainnya dari tim IRIS ITS akan mewakili dalam kategori RoboSot.

Pada kategori HuroCup, ITS akan bersaing dalam divisi sepakbola, angkat beban, panahan, lari dan halang rintang. Kemudian pada kategori RoboAir, ITS akan bersaing untuk melakukan pemindaian barcode pada dua gedung secara otomatis serta navigasi.

Dan yang terakhir, pada kategori Robosot, tim ITS akan bersaing dalam lomba sepakbola, mengoper, serta halang rintang. Ketika disinggung soal pencapaian tahun lalu, Muhtadin mengaku bahwa timnya sudah memiliki strategi khusus untuk menaklukkan lawan-lawan terberatnya.

"Kita berpatokan dengan kondisi kita sendiri, khususnya tahun lalu, karena kita lebih mengenal kondisi kita sendiri daripada kondisi tim lain," ungkapnya.



Usai prosesi pelepasan tim, rektor berharap tim ITS ini bisa mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. "Jika tahun lalu tim ITS mampu memperoleh 19 trofi, tahun ini saya berharap tim ITS bisa memperoleh lebih dari 20 tropi," ujarnya optimis.

Semoga sukses!

Simak Video "Perjuangan Penulis Skripsi 3.045 Halaman: Tak Mandi hingga Tak Tidur"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fyk)