Orang Terkaya Dunia Cairkan Saham Rp 25 Triliun, Buat Apa?

Orang Terkaya Dunia Cairkan Saham Rp 25 Triliun, Buat Apa?

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 02 Agu 2019 06:02 WIB
Jeff Bezos. Foto: Reuters
Jakarta - Jeff Bezos baru saja mencairkan sebagian saham Amazon, raksasa toko online yang didirikannya. Jumlahnya USD 1,8 miliar atau di kisaran Rp 25 triliun. Buat apa ya?

Setelah pajak, uang yang diterima orang terkaya dunia itu adalah USD 1,4 miliar. Ia diketahui memiliki lebih dari 900 ribu lembar saham Amazon.

Dikutip detikINET dari Forbes, terakhir kali Bezos menjual saham Amazon adalah pada Oktober 2018. Kemudian pasca bercerai dengan istrinya MacKenzie, Bezos menyerahkan saham senilai USD 36,8 miliar dan membuat MacKenzie menjadi wanita terkaya ketiga sejagat.


Bezos sudah pernah menjual saham Amazon dalam jumlah besar sebelumnya, tapi kali ini angkanya disebut yang tertinggi. Pada tahun 2017, ia pernah mencairkan saham Amazon senilai USD 1,7 miliar.

Tak diketahui dengan pasti alasan Bezos mencairkan sahamnya. Salah satu kemungkinan adalah untuk membiayai perusahaan antariksa miliknya, Blue Origin.

Bezos dilaporkan berencana mencairkan USD 1 miliar sahamnya per tahun untuk Blue Origin, yang dalam tahap akhir mengirim wisatawan ke antariksa. Kritik sempat muncul yang menilai Bezos lebih baik memakainya untuk masalah lebih mendesak, seperti tuna wisma dan kemiskinan.

Menjawab hal itu, Bezos menyebut bahwa masalah-masalah dengan skala besar seperti pendidikan dan kemiskinan cuma dapat diselesaikan secara menyeluruh oleh pemerintah.


"Ada hal-hal yang cuma bisa dilakukan pemerintah mengingat skalanya. Saham Amazon milik saya terbilang kecil jika dibandingkan dengan dana milik pemerintah federal AS," ucap Bezos.

Dia juga membantah menghamburkan uang. "Saya tak bakal menghabiskan satu menit pun dari hidup saya pada sesuatu hal yang saya anggap tidak memberi kontribusi pada peradaban dan lingkungan," cetusnya.

Simak Video "Andy Jassy, Sang Jawara Komputasi yang Bakal Gantikan Jeff Bezos"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/krs)