Kamis, 01 Agu 2019 22:00 WIB

Ups... Kedok Vlogger 'Dewi Imut' Terbuka Saat Live Streaming

Rachmatunnisa - detikInet
Ilustrasi. Foto: GettyImages Ilustrasi. Foto: GettyImages
Jakarta - Para penggemar vlogger asal China Qiao Biluo terkejut mengetahui idola mereka tidak seperti yang dibayangkan selama ini. Apalagi hal ini tak sengaja terungkap karena gangguan teknis saat live streaming.

Qiao Biluo yang menyebut dirinya 'Yang Mulia Qiao Biluo', selama ini dikenal para penggemarnya sebagai sosok gadis glamor. Tampilan itu adalah hasil pengaplikasian filter wajah pada aplikasi live streaming Douyu yang digunakan Biluo.

Namun pada suatu ketika, Douyu mengalami glitch atau kendala teknis yang mengakibatkan filter wajah yang biasa digunakan Biluo tidak bekerja. Alhasil, tampilan asli Biluo pun terungkap ke publik. Biluo diketahui adalah seorang wanita paruh baya.




Biluo yang diketahui punya lebih dari 100 ribu follower, terkenal dengan suaranya yang manis dan menenangkan. Dikutip dari China Global Times, Kamis (1/8/2019), dia dipuja para penggemarnya sebagai "dewi imut". Para viewer-nya bahkan sangat royal dan rela mengeluarkan lebih dari 100 ribu yuan untuk membelikan hadiah virtual Douyu untuk Biluo.

Terungkapnya penampilan asli Biluo terjadi pada 25 Juli lalu, ketika dirinya melakukan live stream dengan live streamer Douyu lain bernama Qingzi.

Awalnya semua berjalan normal. Para penggemarnya meminta Biluo memperlihatkan wajahnya dan tidak menggunakan filter wajah. Biluo menolak dan malah menantang para follower untuk memberinya hadiah virtual sebanyak-banyaknya.

"Saya tidak bisa menunjukkan wajah saya, kecuali kalian memberi gift senilai 100 ribu yuan. Tapi yang jelas, saya host berpenampilan menarik," ujarnya.

Ternyata tantangan ini dijawab oleh para followernya yang penasaran dan mulai mengiriminya donasi untuk hadiah virtual. Bahkan, sepanjang live streaming berlangsung, ada yang rela berdonasi dalam jumlah besar, yakni bernilai lebih dari 40 ribu yuan.

Vlogger China Ketahuan Pakai Filter Wajah Lebih Muda (Kiri) Biluo saat ketahuan penampilan aslinya. (kanan) Biluo saat menggunakan filter. Foto: Douyu

Ketika live streaming berlangsung, entah mengapa filter wajah yang digunakan Biluo tak bekerja seperti seharusnya. Saat itulah wajah asli Biluo terlihat.

Biluo kemudian menyadari hal ini ketika para followernya yang mendaftar akses VIP ke akunnya, keluar secara massal. Banyak dari para follower setianya, terutama para pria, mengatakan bahwa mereka berhenti mem-follow Biluo dan menarik semua transaksi untuk gift atau hadiah virtual yang dibelanjakan setelah mengetahui identitas asli Biluo.

Beberapa orang ada yang sempat mengabadikan peristiwa ini dengan melakukan screenshot video live streaming, sehingga screenshot ini kemudian menyebar di kalangan netizen di China.

Karena kejadian tersebut, pihak aplikasi kemudian melakukan suspend terhadap akun Biluo. Namun hal ini pun memunculkan perdebatan mengenai dampak apa yang dimunculkan dari kasus ini.

Sebagian pengguna menilai Biluo tidak bersalah. Toh mencari uang dengan menjadi host di aplikasi Douyu dan memancing orang agar membelanjakan uang mereka untuk memberikan hadiah virtual memang diperbolehkan.

Sorotan lain ditujukan pada para pria yang dianggap bodoh karena mudah menghamburkan uang untuk idola mereka di Douyu. Namun ketika tahu bahwa sosok yang diidolakan tersebut tidak seperti bayangan mereka, para pria tersebut kabur.




Sebagian orang lainnya juga bersimpati pada Biluo. Mereka meminta agar tidak menilai seseorang dari tampilan fisik, apalagi mengingat popularitas Biluo datang dari suaranya yang menarik perhatian. Biluo mungkin terguncang dengan kejadian ini dan perlu melakukan terapi psikologis.

Pujian juga dialamatkan pada Qingzi, live-streamer yang saat kejadian tidak menampakkan reaksi terkejut, menghina, atau lainnya yang bisa membuat Biluo terpuruk.




Simak Video "Curhat Ahok soal Repotnya Jadi Vlogger"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/krs)