Selasa, 30 Jul 2019 10:31 WIB

Jack Ma Tinggal di Singapura Setelah Pensiun?

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jack Ma. Foto: Reuters Jack Ma. Foto: Reuters
FOKUS BERITA Jack Ma Resmi Pensiun
Singapura - Jack Ma dipastikan pensiun dari Alibaba pada September tahun 2019 ini. Pria yang langganan orang terkaya China ini mungkin saja akan sering tinggal di Singapura setelahnya. Kenapa?

Menurut kabar yang beredar, pihak yang disebut berhubungan dengan Jack Ma tengah membangun rumah bungalow dua lantai di area Victoria Park Good Class Bungalow (GCB). Ada ruang bawah tanahnya serta kolam renang.

Sebelumnya, ada bungalow berdiri di tempat itu tapi sudah dirubuhkan. Arsitek yang ditunjuk berasal dari Hong Kong, di mana Jack Ma banyak menghabiskan waktu di negara itu karena punya rumah di sana.




Pembelian lahan kabarnya juga tidak perlu perizinan otoritas, yang berarti sang pembeli kemungkinan besar warga Singapura. "Istri Jack Ma, Zhang Ying, diyakini sebagai warga Singapura," tulis Business Times yang dikutip detikINET.

Pendiri Alibaba lainnya, James Sheng, diketahui telah membeli bungalow di Leedon Park seharga USD 50 juta. Dia sendiri merupakan warga Singapura.

Harga rumah tapak di negara tetangga itu memang luar biasa mahal karena lahan amat terbatas. Tapi dengan kekayaan menurut Forbes lebih dari USD 38 miliar, hal itu bukan masalah buat Jack Ma. Kemungkinan jika benar membeli rumah di Singapura, Ma hanya akan sesekali berkunjung ke sana mengingat rumahnya ada di mana-mana.

Seperti disebutkan pada September nanti, Jack Ma akan pensiun sebagai Executive Chairman Alibaba. Posisinya akan digantikan Daniel Zhang yang saat ini CEO Alibaba. Pensiun di usia 55 tahun sebenarnya tergolong dini. Lantas, apa alasan Ma?




"Aku takkan pernah meninggalkan perusahaan jika waktunya tidak bagus. Jika perusahaan ini ingin terus ada, jika kita serius soal visi, kita harus melakukan transisi perusahaan pada generasi selanjutnya dan aku harus melakukannya saat muda," tandas Ma belum lama ini.

"Alibaba adalah bagian sangat penting dalam hidupku. Seperti seorang anak, saat dia tumbuh, kalian adalah ayahnya tapi tidak memilikinya. Biarkan dia ke sekolah, ke masyarakat, bekerja. Tapi tentu jika dia dalam masalah, kalian adalah ayahnya dan bisa menolongnya," papar Ma.




Simak Video "'Singles Day', Perayaan untuk Jomblo yang Munculkan Diskon Belanja Online 11.11"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/krs)
FOKUS BERITA Jack Ma Resmi Pensiun