Rabu, 24 Jul 2019 11:25 WIB

Kominfo Ancam Blokir Konten YouTube Kimi Hime

Agus Tri Haryanto - detikInet
Kominfo ancam blokir beberapa konten YouTube Kimi Hime. (Foto: Instagram @kimi.hime) Kominfo ancam blokir beberapa konten YouTube Kimi Hime. (Foto: Instagram @kimi.hime)
Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) membuka peluang untuk memblokir beberapa konten YouTuber Kimi Hime yang dianggap kelewat vulgar.

Sehubungan dengan urusan konten di YouTube tersebut, Kominfo sebelumnya juga sudah melakukan pemanggilan terhadap Kimi Hime. Tetapi sejauh ini yang bersangkutan belum memberikan respons.

Menurut Plt Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu, bila Kimi Hime tidak memperlihatkan sikap kooperatif maka pihaknya bisa saja memblokir beberapa konten YouTube-nya. Apalagi ada beberapa kontennya yang dianggap bernuansa vulgar.




"Beberapa konten yang menurut pemantauan kami sudah memenuhi unsur vulgar, bahkan ada yang membuka baju," ujar Ferdinandus saat dihubungi detiINET, Rabu (24/7/2019).

"Beberapa konten, bisa kami take down," tegas pria yang disapa Nando ini.

Pihak Kominfo, sebut Nando, memberi tenggat waktu satu pekan ini buat Kimi Hime untuk menurunkan sendiri konten yang dianggap vulgar itu atau paling tidak merespons panggilan terhadap dirinya.




"Kami beri waktu sampai minggu ini. Kalau tidak ada respons maka beberapa kontennya yang dianggap vulgar, itu yang di YouTube, kami take down," tutur Nando.

Pemanggilan Kimi Hime oleh Kominfo ini dilakukan setelah mendapatkan aduan dari Komisi I DPR-RI, Senin lalu. Dalam Rapat Kerja dengan Kominfo, Komisi I menerima laporan dari Asosiasi Pengawas Penyiaran Indonesia (APPI) terkait konten Kimi Hime yang dinilai mengandung konten dewasa di channel miliknya. Laporan tersebut diteruskan ke Kominfo untuk ditindaklanjuti.


(agt/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com