Selasa, 23 Jul 2019 21:00 WIB

Gojek Punya Fitur Chat, Ada Niat Saingi WhatsApp?

Agus Tri Haryanto - detikInet
Gojek. Foto: Rengga Sancaya Gojek. Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Berangkat sebagai penyedia layanan transportasi online, Gojek saat ini sudah merambah ke unsur gaya hidup masyarakat urban, misalnya hiburan komik sampai keberadaan fitur chatting untuk pengguna Gojek.

Adanya fitur chat tersebut sebetulnya bisa dimanfaatkan Gojek jadi layanan tersendiri, seperti halnya model bisnis Tencent dengan WeChat-nya yang sudah jadi super app. Di sisi lain, Gojek kini juga menyebut aplikasinya sebagai super app.



Co-Founder Gojek Kevin Aluwi menyebutkan, dilihat dari model bisnis antara Tencent dan Gojek berbeda satu sama lain. Tak ada arahan Gojek membawa fiturnya menyaingi WeChat, apalagi WhatsApp.

"Kalau Tencent itu berawal dari gaming tersebut meluncurkan WeChat yang kini jadi super app. Kalau dilihat dari hulu ke hilir, kita ini beda, walau sekilas ada yang mirip. Kita nggak ada ambisi untuk bersaing dengan WhatsApp, yang penggunaan dari sudut pandang waktu itu panjang, seperti WeChat," tuturnya.

Kevin menjelaskan mungkin seperti GoKomik sampai fitur chat ini tak ada hubungannya langsung dengan inti bisnis Gojek yang mengandalkan kendaraan. Pria berkacamata ini mengemukakan pandangan perusahaannya kenapa menghadirkan fitur chat di aplikasi Gojek.

"Fitur chat itu kan cuma sarana berkomunikasi dan sebenarnya di ekosistem kita, sudah ada interaksi sosial, misalnya mau telepon driver, telepon restoran, mau kirim uang, tapi itu komunikasinya tidak terjadi di aplikasi Gojek," kata dia.

Untuk mengakomodir agar pengguna dan mitra tetap berkomunikasi dalam satu aplikasi, maka Gojek memfasilitasinya dengan fitur chat.



"Fitur chat bukan menyaingi WhatsApp, Line yang murni sosial, fitur chat kita hanya membantu aspek interaksi sosial yang sudah terbentuk dalam aplikasi Gojek," sebutnya.

Simak Video "Akselerasi Startup Lain, Gojek Tak Ingin Sukses Sendirian"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fyk)