Jumat, 19 Jul 2019 10:32 WIB

Keren! Animasi Google Ceritakan Pendaratan Manusia di Bulan

Fino Yurio Kristo - detikInet
Animasi Google soal pendaratan di Bulan. Foto: istimewa Animasi Google soal pendaratan di Bulan. Foto: istimewa
Jakarta - Untuk memperingati 50 tahun pendaratan manusia di Bulan, Google menghadirkan video di laman pencariannya yang menayangkan animasi menarik mengenai peristiwa itu. Naratornya pun bukan sembarangan, yaitu Michael Collins, salah satu astronot yang pertama terbang ke Bulan dengan Apollo 11.

Collins adalah astronot yang mengendalikan modul komando di atas Bulan, sedangkan rekannya Neil Armstrong dan Buzz Aldrin menapakkan kakinya di satelit Bumi tersebut.

Saat menekan doodle istimewa ini, kita akan melihat video penerbangan Apollo 11 yang dilesatkan oleh roket Saturn V. Collins pun menceritakan pengalamannya sembari adegan komik berjalan. Beberapa rekaman asli misi itu juga diperdengarkan.


"50 tahun silam, aku melakukan petualangan yang membawa Buzz Aldrin dan Neil Armstrong ke permukaan Bulan untuk kali pertama sepanjang sejarah, ketika aku tetap berada di orbit 60 mil di atas mereka di command module yang akhirnya membawa kita pulang," ucap Collins.

Animasi itu dibuat dengan apik dan menceritakan secara singkat bagaimana AS berhasil menaklukkan Bulan dan bagaimana perasaan Collins sebagai pelaku langsungnya. "Neil, Buzz, dan aku merasakan beban dunia di pundak kami," sebut Collins.

Collins juga mengungkap sedikit kisah di balik layar. Seperti upaya pendaratan di Bulan membutuhkan campur tangan total 400 ribu orang dan bagaimana ia sempat ngopi saat melayang di orbit Bulan. "Aku merasa sangat nyaman di sana. Aku bahkan minum kopi panas," ujarnya.

Pendaratan di Bulan terjadi pada 20 Juli 1969 setelah Apollo 11 lepas landas dari Bumi pada tanggal 16 Juli. Untuk melihat animasi itu, bisa langsung mengakses Google atau melalui video di bawah ini.






Keren! Animasi Google Ceritakan Pendaratan Manusia di Bulan


Simak Video "Gemasnya Google Doodle Rayakan Hari Ayah Nasional"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/asj)