Rabu, 17 Jul 2019 12:45 WIB

Elon Musk Ingin Tanamkan Komputer di Otak Manusia

Rachmatunnisa - detikInet
Foto: Twitter/Istimewa Foto: Twitter/Istimewa
Jakarta - Miliuner teknologi Elon Musk mengumbar rencananya menghubungkan otak manusia secara langsung ke komputer. Proyek ini ia namakan 'simbiosis dengan kecerdasan buatan'.

Dikatakan Elon, prototype pertama dari teknologi ini dijadwalkan akan diimplan pada pasien manusia sekitar akhir tahun depan.

"Untuk bisa mencapai tujuan tersebut butuh waktu lama," kata Elon dalam presentasinya di California Academy of Sciences, San Francisco, Amerika Serikat, dikutip dari NBC News, Rabu (17/7/2019).




Pernyataan tersebut sekaligus memberikan catatan bahwa mendapatkan persetujuan federal untuk implan perangkat neural di tubuh manusia bukan hal mudah.

Elon mendirikan Neuralink Corp. pada Juli 2016 untuk menciptakan interface otak-mesin dengan bandwidth sangat tinggi untuk menghubungkan manusia dan komputer. Interface ini digunakan untuk mengurangi gejala kondisi medis kronis.




Dalam pidatonya baru-baru ini, Elon mengulang ucapannya dulu, bahwa salah satu tujuan Neuralink adalah mengobati gangguan otak. "Kita bisa menyelesaikannya dengan sebuah chip," sebutnya optimistis.

Ambisi Elon dalam mengembangkan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) memperlihatkan dua sisi. Di satu sisi, teknologi ini makin canggih hingga mirip kemampuan manusia. Sedangkan di sisi lain, kecanggihan tersebut memunculkan ketakutan.




Sampai-sampai, perusahaan non profit pengembangan teknologi AI yang digawangi Elon Musk, OpenAI, ketakutan untuk merilisnya ke publik. (rns/krs)