Sabtu, 13 Jul 2019 10:22 WIB

Kantor 'UFO' Apple Jadi Salah Satu Bangunan Termahal Dunia

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Justin Sullivan/Getty Images Foto: Justin Sullivan/Getty Images
Jakarta - Apple butuh waktu cukup lama untuk menyelesaikan kantor pusatnya yang mirip UFO. Dan kini setelah jadi dan beroperasi, kantor ini jadi salah bangunan paling mahal di dunia.

Kantor pajak Santa Clara County baru-baru ini mematok nilai Apple Park -- nama bangunan tersebut -- dengan angka mencapai USD 3,6 miliar. Jika isinya ikut dinilai, maka nilai kantor dengan bentuk bulat ini mencapai USD 4.17 miliar.

Angka yang kedua ini didapat jika menghitung semua isi yang ada di kantor tersebut, seperti komputer, furnitur -- termasuk berbagai furnitur mahal pilihan Jony Ive, juga peralatan berkebun yang dipakai untuk mengurus tanaman yang ada di bangunan tersebut.




"Apple Park adalah satu dari 12 bangunan termahal di dunia, padahal bangunan ini tingginya hanya empat lantai," tulis SF Chronicle dalam laporannya, seperti dikutip detikINET.

Sebagai perbandingan, gedung One World Trade Center di New York yang tingginya mencapai 1.776 kaki membutuhkan dana USD 3,9 miliar untuk pembangunannya. Sementara Marina Bay Sands di Singapura membutuhkan USD 5 miliar dalam pembangunannya, dan reaktor nuklir Olkiluoto 3 di Finlandia melebihi USD 6 miliar.

Dalam laporan yang sama, SF Chronicle juga menulis kalau Salesforce Tower, yang merupakan gedung tertinggi di San Francisco, nilainya hanya setengah dari Apple Park. Padahal gedung tersebut mempunyai 57 lantai, bukan empat lantai seperti Apple Park.




Dengan pajak properti di negara bagian tersebut yang mencapai 1%, ini artinya Apple harus membayar pajak sekitar USD 40 miliar setiap tahunnya. Namun Apple bisa saja naik banding untuk mengoreksi valuasi Apple Park agar pajaknya lebih rendah, dan sebelumnya pun mereka sudah pernah melakukan hal ini.

Apple sendiri adalah perusahaan pembayar pajak properti terbesar di Santa Clara County pada tahun fiskal 2017-2018. Jumlah pajak yang mereka bayarkan pada periode tersebut mencapai USD 56 juta.

Simak Video "Tim Cook Beri Penjelasan Soal Hengkangnya Jony Ive dari Apple"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed