Selasa, 09 Jul 2019 07:18 WIB

Instagram Hadirkan Fitur Tangkal Bullying Tanpa Blokir

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Carl Court/Getty Images Foto: Carl Court/Getty Images
Jakarta - Instagram baru saja merilis dua tools baru yang dapat menangkal bullying di platformnya.

"Kami berkomitmen dalam memerangi bullying online, dan kami memikirkan kembali seluruh pengalaman Instagram untuk memenuhi komitmen itu," ujar Adam Mosseri, bos Instagram seperti dilansir dari Engadget.


Media sosial berbasis foto dan video ini mengerahkan kecerdasan buatan atau AI untuk memperingatkan pengguna bila komentar yang akan mereka posting dianggap menghina dan lain-lain. Sehingga pengguna diberikan kesempatan untuk memikirkan kembali komentar yang akan mereka posting.

Fitur kedua yang dihadirkan Instagram adalah Restrict. Ini memungkinkan pengguna untuk 'membatasi' pengikut yang bermasalah dan dapat dilakukan tanpa perlu memblokir secara langsung.

Instagram Hadirkan Fitur Tangkal Bullying Tanpa BlokirFoto: Instagram
"Kami telah mendengar dari pengguna bahwa mereka enggan untuk memblokir, berhenti mengikuti, atau melaporkan pelaku intimidasi karena itu dapat memperparah situasi, terutama jika mereka berinteraksi dengan pelaku intimidasi di kehidupan nyata," kata Adam.

Jadi bila ada pengguna yang dianggap mengganggu, komentar mereka tidak akan muncul di feed. Mereka pun tidak dapat melihat aktivitas pengguna. Bahkan saat pesan DM-nya dibaca pun tidak akan terlihat.

Saat ini, fitur Restrict tengah diujicobakan di sejumlah negara. Instagram baru akan menyediakannya secara luas akhir tahun nanti.

Simak Video "Hapus Akun Instagram? Begini Caranya!"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed