Senin, 08 Jul 2019 16:00 WIB

Orang Indonesia Biasa Pakai Smartphone buat Apa Saja?

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Foto: Muhamad Imron Rosyadi/detikINET Foto: Muhamad Imron Rosyadi/detikINET
Jakarta - Apa hal yang paling sering dilakukan masyarakat Indonesia dengan smartphone miliknya? Forward pesan di WhatsApp? Posting di media sosial (medsos) semacam Facebook, Instagram, dan Twitter? Atau mungkin justru menelepon yang bisa juga dilakukan dengan feature phone?

Semuanya memang dapat dengan mudah kita jumpai dari para pengguna ponsel pintar. Tetapi bukan hal-hal di atas yang menjadi aktivitas utama bagi para pengguna smartphone di Tanah Air.

Mamik S. Leonardo, Research Director Deka Insight, sebuah firma riset yang berpusat di kawasan Jakarta Selatan, memaparkan studi terbaru yang dilakukan oleh timnya berjudul Indonesia Consumer Mobile Habit and Data Management Survey. Di situ, kebiasaan penggunaan ponsel pintar jadi salah satu hal yang diteliti.

"Kita coba capture penggunaannya untuk apa aja nih smartphone. Ternyata, kalo kita kelompokkan, ada lima kelompok besar nih pemakaian smartphone," ujar pria yang disapa Leonardo itu saat ditemui dalam sebuah kesempatan di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (8/7/2019).




Pengelompokkan didasarkan pada kesamaan tujuan dari aktivitas-aktivitas yang dilakukan oleh pengguna. Yang pertama adalah kelompok aktivitas untuk mengabadikan kenangan.

Di sini, mengambil foto jadi aktivitas yang paling sering dilakukan dengan persentase 93%, sekaligus membuatnya jadi kegiatan dengan intensitas tertinggi secara keseluruhan. Ia didampingi oleh merekam video dengan persentase 63%, atau keempat tertinggi secara keseluruhan.

Lalu, yang kedua merupakan kelompok aktivitas dengan tujuan untuk berkomunikasi, yakni melakukan panggilan telepon (87%) dan berkirim pesan instan (72%). Keduanya, secara berurutan, jadi kegiatan dengan intensitas tertinggi kedua dan ketiga secara keseluruhan.




Kemudian ada kelompok aktivitas dengan tujuan untuk bersosialisasi atau mencari informasi, yang diisi dengan mengakses media sosial (63%) dan berselancar melalui peramban (61%). Selanjutnya adalah kelompok aktivitas dengan tujuan hiburan yang meliputi bermain game (55%), menonton video (49%), dan mendengarkan musik (17%).

Selebihnya tergabung dalam kategori lain-lain, yang diisi dengan mengakses aplikasi peta (42%), memesan transportasi online (40%), berbelanja (30%), memeriksa email (28%), mengakses aplikasi perbankan (11%), serta membuka aplikasi yang menunjang pekerjaan penggunanya (8%).

Lebih lanjut, Leonardo juga memaparkan situasi yang menjadi saat paling sering bagi pengguna ponsel pintar di Tanah Air dalam mengoperasikan perangkat miliknya itu. Liburan (81%) jadi saat yang paling sering bagi pengguna smartphone untun menatap layar ponselnya, disusul acara kumpul keluarga (77%), nongkrong bersama teman (66%), selfie (60%), serta acara khusus seperti pernikahan dan ulang tahun (47%).

Dalam melakukan risetnya, Deka Insight melibatkan lebih dari 1.000 responden yang tersebar di enam kota besar di Indonesia, dengan umur dan strata ekonomi yang berbeda-beda. Riset ini dilakukan mulai 27 Februari hingga 11 Maret lalu.




Simak Video "Instagram Cs Pandu Orang Tua agar Melek Media Sosial"
[Gambas:Video 20detik]
(mon/krs)