Senin, 08 Jul 2019 15:02 WIB

Peneliti Coba Rumuskan Alasan Film Avengers Amat Digandrungi

Kris Fathoni W - detikInet
Peneliti Coba Rumuskan Alasan Film Avengers Amat Digandrungi. (Foto: Mindra Purnomo) Peneliti Coba Rumuskan Alasan Film Avengers Amat Digandrungi. (Foto: Mindra Purnomo)
Jakarta - Film-film Avengers di Marvel Cinematic Universe (MCU) lazim menyedot penonton saking digandrunginya. Sejumlah peneliti berusaha merumuskan fenomena itu dari segi ilmiah.

Seperti dilansir BGR.com, kesuksesan para superhero Marvel dalam beraneka-ragam film franchise tersebut membuat para peneliti dari ARC Center of Excellence For Mathematical and Statistical Frontiers (ACEMS) tergelitik rasa ingin tahunya.




Dalam sebuah studi anyar, tim riset ACEMS menerapkan model statistik ke film-film MCU dalam usaha mengetahui apakah jumlah bintang di masing-masing film memainkan peranan dalam pencapaian film itu. Pendekatan ini disebut lazim dipakai di riset ekologi.

"Kami penggemar berat film-film Marvel, yang biasa disebut Marvel Cinematic Universe. Kami merasa bahwa produser, sutradara, aktor, dan seluruh staf produksi melakukan sesuatu yang unik dalam sejarah pembuatan film, jadi kami ingin melakukan pengukuran," kata Matthew Roughan, salah seorang peneliti yang terlibat, dalam penjelasannya kepada TechXplore.

Peneliti Coba Rumuskan Alasan Film Avengers Amat DigandrungiFoto: Dok. Roughan, Mitchell & South via BGR.com

Mengelompokkan masing-masing film ke dalam "jumlah karakter yang efektif", para peneliti disebut bukan cuma bisa memperlihatkan sekuel dari setiap kisah cenderung menambah jumlah karakter dalam film berikutnya, melainkan juga profitabilitas (dengan mempertimbangkan pendapatan kotor dan anggaran produksi) dengan segelintir pengecualian.




BGR.com juga menyatakan bahwa studi ini mengungkap bahwa strategi merilis sejumlah kisah awal yang menjadi fondasi dan kemudian melanjutkannya ke film Avengers yang melibatkan lebih banyak bintang, sebagaimana fase-fase dalam film Marvel sejauh ini, terbukti sudah menjadi sebuah strategi yang ideal dalam membangun antusiasme penonton.

Sejauh ini MCU sudah sampai di akhir fase ketiga. Film "Avengers: Endgame" yang sarat bintang dirilis pada April 2019 dan menjadi salah satu klimaks dalam kisah saga para superhero di dalamnya, setelah diawali "Iron Man" pada tahun 2008.




Simak Video "Cara Kocak Tom Holland Umumkan Kembalinya Spider-Man ke MCU"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/asj)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com