Kamis, 27 Jun 2019 09:58 WIB

Nilai Bitcoin Tembus Rp 184 Juta, Apa Pemicunya?

Fino Yurio Kristo - detikInet
Ilustrasi. Foto: Getty Images Ilustrasi. Foto: Getty Images
Jakarta - Nilai Bitcoin melonjak ke angka tertinggi dalam 18 bulan terakhir. Hal itu dipicu para investor mencari aman di investasi alternatif seiring tensi geopolitik, serta munculnya Facebook Libra yang dianggap berpotensi membuat cryptocurrency menjadi mainstream.

Dikutip detikINET dari Reuters, Bitcoin menembus angka puncak USD 13.666 atau lebih dari Rp 184 juta di Bitstamp. Jumlah itu merupakan nilai terbesar semenjak Januari 2018.

Tahun ini, Bitcoin telah meroket lebih dari 260% meskipun masih lebih rendah dari nilai tertinggi sebesar USD 20 ribu yang pernah dicapai pada bulan Desember 2017. Fenomena ini cukup mengejutkan karena tahun lalu, nilai Bitcoin sempat terseok seok.



Menurut analis, pengumuman mata uang digital Facebook Libra baru-baru ini membuat ketertarikan orang pada cryptocurrency menguat. Libra, dengan modal pengguna Facebook yang berjumlah miliaran dan didukung berbagai perusahaan besar, diprediksi populer.

"Trader cryptocurrency bangkit oleh peluncuran mata uang digital Facebook dan momentum ini sepertinya menarik para investor baru," kata Edward Moya, analis di broker online FX.

Ditambah lagi beberapa bank sentral menjaga bunga tetap rendah, sehingga investor mencari cara lain untuk diversifikasi portofolio, salah satunya dengan cryptocurrency.

Bitcoin tercatat sudah naik 150% semenjak awal bulan Mei silam. Demikian pula mata uang digital lain yang lebih kecil seperti Ether dan XRP juga mencatat lonjakan.


(fyk/krs)