Senin, 24 Jun 2019 21:05 WIB

Facebook Indonesia Punya LInov, Beda dengan Coworking Space?

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET
Jakarta - Kepala Kebijakan Publik Facebook Indonesia Ruben Hattari memaparkan perbedaan antara Lab Innovation Indonesia yang baru saja dibuka dengan coworking space.

Diketahui, Lab Innovation Indonesia (LInov) merupakan ruang komunitas kedua yang disediakan oleh Facebook. Setahun sebelumnya, platform media sosial ini menghadirkan Ruang Komunal Indonesia.

"Yang paling signifikan itu Facebook tidak memungut biaya semua kegiatan yang dilakukan di atas Ruang Komunal Indonesia dan Lab Innovation Indonesia," ungkap Ruben di Jakarta, Senin (24/6/2019).




Itu artinya, komunitas yang ingin memakai Ruang Komunal Indonesia yang letaknya di One Pacific, Kawasan SCBD, maupun Lab Innovation Indonesia di Plaza Asia, Jalan Sudirman, dapat dipakai secara cuma-cuma, di mana sebelumnya harus terlebih dulu mendaftarkan diri.

Perbedaan Coworking Space dan Lab Innovation Indonesia Facebook?Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET


"Tujuan kita itu bagaimana terus membangun komunitas. Backbone atau tulang punggung Facebook itu komunitas, bagaimana komunitas itu terus bergerak dan bisa terus di atas platform kami, baik itu online maupun offline," tuturnya.

Berbicara fasilitas yang diberikan, Ruben mengatakan Ruang Komunal Indonesia menyediakan ruangan yang nyaman dengan logistik tambahan, seperti food & beverages hingga alat pendukung.




Lab Innovation Indonesia juga tak jauh berbeda. Fasilitas ruangan gratis, internet, serta mendukung aktivitas komunitas ICT di tempat tersebut. Khusus untuk ruangan ini, ada program "Developers Circles Javascript Training Course and Bootcamp" yang bekerjasama dengan Hacktiv8 di mana peserta dapat mejalani pelatihan pemograman. (rns/krs)