Minggu, 23 Jun 2019 13:05 WIB

Jeff Bezos: Pergi ke Mars Tanpa ke Bulan adalah Ilusi

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jeff Bezos. (Foto: Istimewa) Jeff Bezos. (Foto: Istimewa)
Jakarta - Menjangkau planet Mars bahkan menghuninya adalah target beberapa pihak yang saat ini terlibat perlombaan ke luar angkasa. Tapi menurut orang terkaya dunia, Jeff Bezos, fokus menyambangi Mars tanpa lebih dulu menaklukkan Bulan merupakan sebuah ilusi.

Seperti dikutip detikINET dari Yahoo Finance, pemilik perusahaan antariksa Blue Origin itu meyakini cara tercepat menuju Mars adalah pertama-tama dengan pergi ke Bulan, barulah kemudian ke Planet Merah.


"Jika kalian membutuhkan banyak suplai, bahan bakar dan material untuk pergi ke Mars, kalian lebih baik mengangkatnya dari Bulan ketimbang dari Bumi," kata Bezos dalam event JFK Space Summit di Boston.

"Adalah sebuah ilusi jika kalian menganggap bisa melewatkan langkah itu. Tidak melakukannya memperlambat kalian, memang menggoda tapi salah," tandasnya.

Sebagian pihak menganggap pernyataan Bezos itu adalah untuk menyindir pemilik SpaceX, Elon Musk, yang berulangkali mengatakan ambisinya untuk menaklukkan Mars. Akan tetapi sebenarnya Musk juga mengincar pergi ke Bulan terlebih dahulu.


Misalnya saja, SpaceX berencana menggelar penerbangan pertama turis ke Bulan pada tahun 2023. Musk juga pernah mengatakan dia ingin menjangkau Bulan secepat mungkin dan membangun pemukiman manusia yang permanen di satelit Bumi tersebut.

Sedangkan Bezos pernah pula mengatakan bahwa Blue Origin berharap bisa menghadirkan manusia secara berkelanjutan di Bulan. Untuk melakukan ambisi itu, kerja sama dengan lembaga antariksa dan perusahaan teknologi lain diperlukan. (jsn/jsn)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed