Rabu, 12 Jun 2019 11:23 WIB

Temukan Bug WhatsApp, Pemuda Ini Diganjar Uang Puluhan Juta

Josina - detikInet
Ilustrasi WhatsApp. (Foto: Carl Court/Getty Images) Ilustrasi WhatsApp. (Foto: Carl Court/Getty Images)
Jakarta - Sorang pemuda berusia 22 tahun asal Manipur, India diganjar hadiah uang puluhan juta rupiah dari Facebook. Itu ganjaran setelah ia menemukan sebuah celah keamanan di WhatsApp.

Pemuda itu bernama Zonel Sougjiam. Ia menemukan celah yang memungkinkan pengguna WhatsApp untuk mengubah panggilan suara ke panggilan video, secara diam-diam alias tanpa menginformasikan lebih dulu ke penerima WhatsApp call tersebut.




"Selama panggilan suara melalui WhatsApp, bug tersebut akan memungkinkan si penelpon untuk mengubahnya menjadi ke panggilan video tanpa persetujuan dan pengetahuan di penerima telepon. Lalu penelpon kemudian dapat melihat apa yang dilakukan orang lain. Jelas itu adalah melanggar privasi dari si penelepon kepada penerima telepon," kata Sougaijam kepada PTI dalam sebuah pernyataan seperti dilansir detikINET dari Livemint Rabu, (11/6/2019).

Setelah menemukan bug tersebut ia langsung melaporkan masalah tersebut ke program Facebook Bug Bounty. Bug Bounty sendiri adalah sebuah program Facebook, yang membuat pengguna bisa mendapat imbalan setelah melaporkan adanya bug, kerentanan, atau celah yang bisa disusupi.




Setelah ia melaporkan celah tersebut, laporannya pun langsung ditindaklanjuti oleh tim teknisi Facebook. Setelah terkonfirmasi, Facebook pun memperbaiki bug tersebut dalam waktu 15-20 hari.

Berkat penemuannya, Zonel diganjar hadiah USD 5.000 atau sekitar Rp 71 juta. Selain dapat uang, ia juga didaulat masuk ke dalam daftar spesial 'Facebook Hall of Fame'.



(jsn/krs)