Selasa, 11 Jun 2019 14:20 WIB

Jack Ma, Melinda Gates, dan Sekjen PBB Bahas Akses Internet

Virgina Maulita Putri - detikInet
Foto: UN Photo/Mark Garten Foto: UN Photo/Mark Garten
Jakarta - Sekretaris Jenderal PBB António Guterres, Pendiri Alibaba Jack Ma, dan Melinda Gates baru-baru ini mendiskusikan potensi kerjasama internasional untuk menjembatani kesenjangan digital. Mereka pun ingin menghubungkan semua orang dewasa di dunia dengan internet pada tahun 2030.

Tujuan ambisius ini merupakan bagian dari laporan The Age of Digital Interdependence Report yang dirilis oleh PBB. Walaupun saat ini banyak isu teknologi yang lebih panas seperti privasi digital dan 5G, dalam diskusi ini ketiganya lebih fokus untuk membahas fakta bahwa saat ini setengah populasi dunia tak memiliki akses internet.




Gates dan Ma banyak membicarakan tentang internet yang lebih inklusif, terutama untuk perempuan dan kelompok marjinal. Menurut mereka akses internet merupakan salah satu kunci yang bisa membantu usaha kecil dan menengah untuk berpartisipasi di ekonomi global.

"Negara berkembang dan komunitas marjinal harus memiliki suara dalam menentukan bagaimana teknologi ini digunakan," kata Gates seperti dikutip detikINET dari CNET, Selasa (11/6/2019).

"Itulah cara kami bisa menjamin bahwa, alih-alih memperkuat masalah lama, teknologi digital adalah sumber solusi baru," sambungnya.




Ma menambahkan adanya akses internet yang lebih merata bisa membantu usaha kecil dan menengah di negara berkembang untuk menjual barang mereka di pasar yang lebih maju.

"Saat ini, jika kalian tidak membiarkan orang-orang terhubung dengan internet, itu lebih buruk daripada jika kalian tidak membiarkan orang-orang memiliki akses untuk listrik," pungkas Ma.


(vim/krs)