Selasa, 28 Mei 2019 08:28 WIB

Induk Tik Tok Mau Bikin Smartphone?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Foto: Stringer/Reuters Foto: Stringer/Reuters
Jakarta - Perusahaan induk Tik Tok, Bytedance, belakangan ini sedang sibuk. Salah satu startup dengan valuasi terbesar di dunia ini memiliki beberapa proyek besar yang sedang dikembangkan seperti aplikasi pesan instan yang dinamakan Feiliao dan juga aplikasi streaming musik.

Kini, Bytedance mengalihkan perhatiannya ke bisnis hardware. Berdasarkan laporan dari The Financial Times seperti dikutip detikINET dari TechCrunch, dua sumber yang familiar mengatakan bahwa Bytedance sedang mengembangkan smartphone.




Tanda-tanda yang mengindikasikan Bytedance sedang mengembangkan smartphone telah terlihat sejak awal tahun ini. Pada bulan Januari lalu, Bytedance mengonfirmasi bahwa mereka telah mendapat beberapa paten dan karyawan milik vendor smartphone asal China Smartisan.

Tapi saat itu perjanjian ini disebut bertujuan untuk menjelajahi bisnis pendidikan. Padahal bisnis Smartisan tidak memiliki hubungan apa-apa dengan sektor pendidikan.

Selain itu, pendiri Bytedance Zhang Yiming juga sudah lama memimpikan sebuah smartphone dengan berbagai aplikasi buatan Bytedance yang sudah dipra-instal.

Namun, niatan Bytedance untuk mengembangkan sayapnya ke bisnis smartphone diwarnai keraguan. Analis dari firma Canalys, Jia Mo mengatakan Bytedance tidak memiliki cukup pengalaman untuk bisa sukses.

"Mereka tidak memiliki pengalaman dan keuntungan dalam rantai pasokan ... Sehingga kemungkinan mereka bisa sukses sangat rendah," kata Jia.

"Jika mereka hanya menargetkan pasar niche, mungkin mereka memiliki kesempatan untuk menarik kelompok pengguna niche lewat software pra-instal," sambungnya.




Keputusan Bytedance untuk membuat smartphone sendiri dapat dibilang tidak mengejutkan. Dengan berbagai aplikasi buatan mereka sendiri di smartphone tersebut, Bytedance bisa menarik lebih banyak pengguna lewat kanal baru.

Strategi seperti ini juga sebelumnya pernah dilakukan oleh pengembang aplikasi selfie Meitu. Mereka membuat smartphone yang telah diisi dengan sejumlah aplikasi editor foto. Tapi bisnis smartphone Meitu baru-baru ini diakuisisi oleh Xiaomi.



Tonton juga video Kemenpar Gandeng TikTok untuk Promosikan Wisata Nusantara:

[Gambas:Video 20detik]

(vim/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed