Rabu, 22 Mei 2019 21:27 WIB

Abang Ojol Ini Gratiskan Penumpang yang Hafal 5 Surat Alquran

Akfa Nasrulhak - detikInet
Jakarta - Menyambut Ramadhan semua berlomba mencari pahala, seperti abang ojol yang satu ini. Abang Ojol bernama Yayat ini memberikan penawaran menarik untuk pelanggannya. Ia menawarkan gratis antar untuk pelanggannya dengan syarat pelanggan harus hafal 5 surat di kitab suci Alquran.

Promo dan pengumuman ini dia tempel di belakang jaketnya yang tertulis 'Gratis antar bagi siapa saja yang hafal 5 surat dalam Al-Qur'an (1 hari 3 orang)'. Ketika dalam 1 hari sudah ada 3 orang, ia akan bilang ke penumpangnya bahwa kuota sudah habis. Yayat mengaku surat favoritnya adalah Ad-Duha.

Menurut Yayat, seperti dikutip di laman grabid, jika ada penumpang yang membacakan surat namun tetap ingin membayar maka uang tersebut akan ia sumbangkan ke anak yatim piatu.

"Kebetulan saya bawa buku, setiap hari saya tulis. Jurusan ke manapun diantar. Paling tinggi gratis Rp 34 ribu. Argo lebih mahal orangnya malah menolak tapi saya nggak maksa. Kalau ada yang melantunkan surat tapi tetap bayar, uangnya jadi sumbangan ke yatim piatu sebagai amanah," ujar Yayat.




"Seribu pun nggak mau saya ambil kalau mereka sudah melantunkan. Karena kalau saya menerima berarti saya nggak berkah karena saya harap keberkahan," imbuhnya.

Ide ini Yayat lakukan karena ketukan hati. Karena ia berniat dalam bekerja, sambil beribadah dan beramal.

"Saya niat kerja sambil beribadah dan beramal," katanya.

Sebelumnya Yayat jualan baju tapi merugi. Ia berpikir pekerjaan apa yang simpel tanpa keluar modal tapi hasilnya lebih dari jualan, sehingga ia beralih ke Grab.

Menurut cerita pihak Grab, saking semangatnya, pernah Yayat narik terus sampai dua hari karena masih segar. Driver asal Sumedang ini juga diakui berbeda dengan driver lain yang biasanya narik pagi namun Yayat lebih memilih narik pada siang hingga subuh karena susah bangun pagi.

Berbagi memang banyak caranya, tidak harus uang, bisa tenaga, ilmu, telinga buat mendengar, senyum, maupun doa. Buat kamu yang juga mau ikut berbagi, bisa gabung bareng Grab dalam program #PatunganUntukBerbagi untuk adik-adik yatim piatu.


(mul/mpr)