Kamis, 16 Mei 2019 16:35 WIB

Ini Cara Google Permudah Pencarian Seputar Ramadhan

Virgina Maulita Putri - detikInet
Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET
Jakarta - Ramadhan tahun ini turut diramaikan Google dengan berbagai layanan terkait. Untuk mempermudah, segala informasi pun "dirangkum" Google ke portal khusus yang disebut 'Ramadan One Box'. Saat ini portal itu bisa diakses lewat mesin pencarinya.

"Jadi di Google Search kita luncurkan fitur baru dan menghidupkan kembali fitur yang pernah kita luncurkan tahun lalu," kata Product Marketing Manager Google Indonesia Ridzky Novasandro di Jakarta, Kamis (16/5/2019).

"Ada beberapa fitur yang mempermudah mendapat informasi termasuk jadwal salat, arah kiblat, berita terkini, dan kumpulan ucapan selamat Ramadhan," sambungnya.




Semua informasi ini bisa diakses dengan mencari kata kunci seperti 'Ramadan', 'bulan Ramadan', dan 'puasa' di Google Search.

Hasil pencarian untuk waktu salat lima waktu tersedia hingga hingga 30 hari ke depan, yang juga telah disesuaikan dengan lokasi pengguna dan menggunakan data dari Kementerian Agama.

Video: Tingginya Waktu Online di Dunia Maya Selama Bulan Ramadhan

[Gambas:Video 20detik]



Selain itu, Google juga menghidupkan kembali fitur pencari arah kiblat yang dinamakan Qibla Finder. Lewat Google One Box, fitur ini dapat diakses di sebelah menu jadwal salat.




Fitur ini pun memanfaatkan teknologi augmented reality (AR), sama seperti game Pokemon Go. Jadi pengguna cukup mengarahkan kamera smartphone mengikuti arah yang ditunjukkan di layar.

"Petunjuk kiblat ini berbasiskan augmented reality, di mana teknologi ini menggabungkan dunia maya dan dunia nyata yang dibantu diproyeksikan menggunakan kamera di smartphone kita," jelas Ridzky.

Google juga memanfaatkan asisten pintarnya, Assistant, untuk mempermudah pengguna dalam kegiatannya sehari-hari. Misalnya ketika ingin mengatur alarm untuk bangun sahur, pengguna cukup memerintahkan Assistant dengan mengatakan 'bangunkan sahur jam 3 pagi'.


(vim/krs)